Universitas Tokyo Tak Lagi Jadi Universitas Nomor Satu di Asia




Universitas Tokyo harus rela tak lagi menjadi yang terbaik di Asia

Universitas Tokyo atau yang kerap disebut sebagai Todai, harus rela kehilangan mahkota nomor satu di jajaran universitas Asia, seperti dilansir Times Higher Education Asia Univesity Rangking.

Setelah berhasil menempati posisi nomor puncak selama tiga tahun berturut-turut, Universitas Tokyo kali ini harus puas di posisi ketujuh dari daftar 200 universitas top Asia.

Times Higher Education mengungkapkan hasil tahun ini lebih menantang bagi Jepang, terutama menilai kurangnya pendanaan dan rendahnya pandangan Internasional pada posisi negaranya.

Singapur menciptakan kesuksesan besar dalam peringkat kali ini dengan menempati dua posisi teratas, diisi oleh National University of Singapore(NUS) pada posisi pertama dan Nanyang Technological University(NTU) pada posisi kedua yang juga berbagi peringkat dengan Universitas Peking.

Sebanyak 39 universitas Jepang berhasil masuk ke peringkat 200 besar, 14 diantaranya berhasil menembus 100 peringkat teratas.

Universitas Kyoto (11), Universitas Tohoku (23), Institut Teknologi Tokyo (24) dan Universitas Osaka (30) berhasil memasuki 30 besar, ditambah pula 4 universitas lainnya berhasil mengamankan posisi di 50 besar.

“Jepang berhasil merebut seperlima – 39 – posisi di peringkat 200 besar universitas di Asia pada tahun ini, membuatnya menjadi negara yang paling terrepresentasikan, berbarengan dengan Tiongkok,” ungkap Phil Baty, editor Times Higher Education Ranking.

“Meskipun Jepang mampu memperlihatkan kekuatannya melalui daftar peringkat tersebut, mayoritas universitas masih berada di paruh bawah peringkat, hanya 14 institusi yang berhasil masuk 100 besar, dibandingkan Tiongkok yang berhasil menyabet 22 posisi.”

“Terlebih lagi, tahun ini institusi nomor satu di Jepang – Universitas Tokyo (7) – jatuh dari posisi nomor satu yang telah dikuasainya 3 tahun berturut-turut. Todai menjadi satu-satunya representasi di peringkat 10 besar. Sementara itu, Tiongkok, Singapura, dan Hongkong masing-masing diwakili dua institusi, dan Korea Selatan tiga institusi.”

Baty menambahkan, selama beberapa tahun terakhir terlihat pergeseran perimbangan kekuatan dari Barat ke Timur dalam hal pendanaan dan performa pendidikan tinggi.

Sumber: Japan Times

Foto: Google

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.