Distrik Minato Ingin Lindungi Tokyo Tower Dari Gedung Pencakar Langit




Pemandangan Tokyo Tower dari Kuil Zojoji saat malam tahun baru

Meski sekarang terbilang kalah tenar dari Tokyo SkyTree, namun tidak bisa dipungkiri jika Tokyo Tower memiliki andil besar dalam perkembangan Jepang di era modern, terutama di dunia broadcasting televisi.

Tokyo sebagai salah satu destinasi utama pariwisata di Asia dan salah satu kota tersibuk pun semakin berkembang. Bangunan-bangunan tinggi menjulang kini banyak dibangun di Ibukota.

Atas dasar inilah, distrik Minato berencana untuk tetap menjaga sudut pandang keindahan Tokyo Tower.

Pemerintah daerah Minato sedang menyusun peraturan pembangunan gedung di sekitar Tokyo Tower, terutama di lima titik terbaik untuk melihat menara setinggi 333 meter tersebut.

Hal ini diharapkan agar Tokyo Tower masih akan terlihat jelas keindahannya dari semua sudut kota, dan tidak terhalang gedung pencakar langit.

Peraturan ini direncanakan akan mulai diterapkan bulan April mendatang. Lima titik itu berada di beberapa meter sebelah timur menara, wilayah dekat lonceng kuil Zojoji, dan di pusat taman Shiba.

Aturan baru ini akan membatasi tinggi bangunan, yakni 15 meter di dekat area pemukiman penduduk, dan 25 meter di wilayah lainnya. Sebelumnya, ada bangunan setinggi 31 meter yang berada dekat Tokyo Tower.

Baca Juga
Tokyo Tower Masih Menjadi Simbol Utama Kota Tokyo
15 Fakta Tersembunyi Tentang Tokyo
Menghitung Biaya Harian Wisata Ke Tokyo

Toru Sakamoto, Direktur perencanaan tata kota Minato mengungkapkan jika rencana ini telah wacanakan sejak 2013. Mereka juga sudah berkonsultasi dengan warga setempat dan panel akademis pada bulan Desember kemarin.

Langkah ini diambil untuk melestarikan Tokyo Tower dan menjaga keindahan pandangannya sehingga tetap menjadi daya tarik untuk para wisatawan.

“Distrik Minato ingin melindungi landscape yang ada di wilayah kami, dan itu termasuk Tokyo Tower. Kami ingin orang-orang memahami (langkah ini) dan bekerjasama untuk mewujudkannya.” ujar Sakamoto kepada Japan Times.

Apa yang dilakukan pemerintah Minato sebenarnya mirip dengan pemeritah Kyoto yang juga menerapkan aturan tentang ketinggian bangunan untuk tetap menjaga gaya tradisional kota dan landscape yang ada di salah satu kota terbaik di dunia tersebut.

Semoga langkah ini akan terwujud dan berjalan lancar, sehingga Tokyo Tower akan terus tegak berdiri tanpa ada halangan disekitarnya.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.