Tokyo Lakukan Suap Agar Terpilih Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2020?




Kejaksaan Prancis mengatakan mungkin terjadi pembayaran dalam jumlah besar sekaitan dengan pencalonan Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade 2020.

Pembayaran yang disinyalir dilakukan dari sebuah rekening bank Jepang ke sebuah perusahaan yang terkait dengan anak laki-laki mantan ketua badan atletik dunia.

Kejaksaan pada hari Kamis (12/05/2016) menerbitkan sebuah laporan sementara mengenai penyidikan atas tuduhan yang diajukan oleh sebuah komisi independen Badan Anti-Doping Dunia pada bulan Januari.

Komisi itu menuduh pihak Jepang memberi uang dalam jumlah besar ke Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF), sebagai bagian dari upaya Jepang menjadi tuan rumah Olimpiade.

Kejaksaan mengatakan pembayaran itu mungkin dilakukan pada bulan Juli dan Oktober 2013 dari sebuah rekening bank Jepang ke sebuah perusahaan Singapura yang diyakini terkait dengan putra dari mantan Presiden IAAF Lamine Diack.

Kejaksaan mengatakan transfer uang itu berjumlah total 2 juta dolar dan ditandai “Pencalonan Olimpiade Tokyo 2020.”

Diack adalah anggota Komite Olimpiade Internasional saat Tokyo memenangi pencalonan Olimpiade pada bulan September 2013.

Sumber: NHK

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.