Tangisan di Upacara Mengenang Gempa dan Tsunami 2011




Penduduk Tokyo mengenang dan berdoa untuk para korban dan tsunami 2011

Hari Jumat kemarin (11/3/2016) adalah tepat lima tahun bencana nasional terburuk dalam sejarah Jepang. Gempa berkekuatan 9,0 skala richter serta disusul gelombang tsunami setinggi 10 meter meluluhlantakan wilayah Tohoku.

Upacara mengenang korban bencana diadakan di Tokyo bagi para korban gempa dan tsunami yang melanda Jepang timur laut tanggal 11 Maret 2011.

Sekitar 1.200 orang menghadiri acara yang juga didukung oleh pemerintah. Banyak diantara pengunjung yang tak kuasa menahan tangis setelah mengheningkan cipta pada pukul 2:46 sore (waktu bencana terjadi). Mereka menutup muka dan mencoba menghapus air mata.

Kaisar Akihito, Permaisuri Michiko, dan Perdana Menteri Shinzo Abe juga turut hadir dalam acara mengenang para korban.

Abe dalam pidatonya mengatakan pembangunan kembali kawasan bencana membuat kemajuan secara pasti. Menurut Abe, pemerintahannya bertekad agar pelajaran berharga dari bencana itu tidak akan pernah pupus.

Kaisar mengatakan banyak orang yang masih tinggal dalam situasi yang sulit hingga sekarang, baik di kawasan bencana maupun di tempat-tempat pengungsian mereka.

Menurut Kaisar, penting agar hati semua orang terus tergerak, agar semua orang yang berada dalam kesulitan, tanpa kecuali, akan dapat kembali ke kehidupan yang normal sesegera mungkin.

Para perwakilan kerabat korban dari provinsi-provinsi wilayah bencana seperti Iwate, Miyagi, dan Fukushima yang juga memberikan sambutan dan rasa terima kasih atas dukungan yang mereka terima selama melalui masa sulit setelah gempa dan tsunami.

Kuniyuki Sakuma dari Fukushima menyinggung kecelakaan nuklir yang memaksa banyak orang mengungsi dari tempat tinggal mereka. Ia mengatakan ayahnya meninggal di daerah dingin bersalju jauh dari kota asalnya setelah lama menjadi pengungsi.

Sakuma mengatakan penting agar bencana itu tidak akan pernah dilupakan. Ia mengimbau keluarga-keluarga agar menyampaikan pengalaman mereka kepada generasi mendatang serta ke seluruh dunia.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.