Tanda-tanda Larangan di Jepang yang Wajib Diketahui




Sebelum pergi ke Jepang, ada baiknya mengetahui tanda larangan yang ada di Negeri Sakura

Jepang, sebagai negara favorit untuk dikunjungi turis asing tentu saja harus memerhatikan berbagai aspek dalam negaranya, seperti makanan, penginapan, dan sistem transportasi.

Tapi tidak hanya itu, aspek “cara hidup” di sana adalah hal utama yang perlu diperhatikan. Apapun alasan Anda pergi ke Negara Matahari Terbit tersebut, Anda juga harus memerhatikan dengan seksama berbagai tanda peringatan yang biasa terlihat di jalan, taman, kuil, restoran, atau tempat umum lainnya.

Berikut adalah 5 tanda papan peringatan yang sudah lumrah terlihat di Jepang yang kami lansir dari Japan Info dan menjadi panduan bagi kalian yang ingin pergi ke negeri Sakura untuk pertama kalinya:

 1. Bahaya (=危ない Abunai)

Jepang adalah negara yang sangat memerhatikan keamanan, jadi tanda ini sangat lazim ditemukan di mana saja terutama di tempat umum (taman, kuil, pantai, atau bahkan di dalam toko).

Semua tanda itu menunjukkan “Abunai(あぶない)” yang berarti bahaya. Salah satu contoh adalah di salah satu kuil Jepang yang terdapat danau kecil dan dangkal di sekitarnya. Di sekeliling danau itu diberi pembatas dan tentu saja banyak terdapat papan tanda abunai ini.

2. Berhenti (=止まれ Tomare)

Jepang juga terkenal akan ketertibannya dalam berlalu lintas. Di setiap sudut jalanan Anda akan dapat menemukan tanda ini. Ini artinya Anda harus berhenti sejenak untuk mengecek ke kiri dan ke kanan sebelum Anda melanjutkan perjalanan. Ini biasa ditemukan di jalanan yang tidak mempunyai lampu merah.

3. Dilarang Merokok (=禁煙 Kinen)

Tanda ini dibaca KINEN atau dilarang merokok di Jepang. Jepang merupakan negara yang sangat disiplin dan mereka selalu memastikan bahwa segala sesuatu ditempatkan di tempat yang benar terutama untuk kasus larangan merokok dan area bebas merokok.

Di setiap tempat, pasti saja ada smoking area yang tersedia di tempat tersebut. Tak dapat dipungkiri, memang sebagian orang Jepang merupakan seorang perokok berat sehingga smoking area lazim ditemui.

4. Dilarang Masuk (=立入禁止 Tachi iri kinshi)

Jika Anda melihat tanda ini, berarti Anda menemukan tanda Tachi iri kinshi. Tanda itu mengindikasikan satu hal, “Jangan masuk!”. Itu mungkin bisa membahayakan diri Anda, atau hanya orang yang mempunyai izin saja yang bisa masuk.

Apapun alasannya, lebih baik Anda cari aman saja. Tanda ini banyak ditemukan di dalam sebuah perusahaan atau di jalan yang sedang ada pembangunan gedung.

5. Dilarang Parkir (=駐車禁止 Chuusha Kinshi)

Seperti di negara lain, parkir sembarangan di jalan juga dilarang di Jepang. Tanda di atas dibaca Chuusha Kinshi atau yang artinya dilarang parkir dalam Bahasa Indonesia. Sudah pasti Anda akan langsung ditilang jika Anda parkir sembarangan di jalan.

Kesimpulan

Begitu banyak tanda-tanda peringatan yang ada di Jepang, dan penjelasan di atas hanyalah menunjukkan tanda jalan yang umum ditemukan. Lebih baik jika Anda mengetahui tanda-tanda jalan di sana, agar terselamatkan dari bahaya dan masalah.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.