Senbatsu Sousenkyo 2016: Memulai Bagian Kedua dengan Wajah Baru. Akankah Berhasil?




Senbatsu 2016

Perhelatan besar dalam AKB48 Group, Senbatsu Sousenkyo, akhirnya resmi ditutup dengan hasil yang tak diduga. Mungkin kemenangan Sashihara Rino masih dalam perhitungan, namun jumlah suara yang diraihnya begitu mencengangkan, yakni 243.011 suara. Memiliki margin begitu besar dengan peringkat 2, Watanabe Mayu, yang hanya berhasil puas dengan 175.613 suara.

Sashihara Rino
Sashihara Rino

Untuk sejumlah nama di jajaran teratas mungkin sudah banyak diduga. Nama-nama seperti Matsui Jurina, Yamamoto Sayaka, Miyawaki Sakura, Suda Akari, dan Shimazaki Haruka, memang nama yang digadang sebagai calon pemangku posisi terkuat dalam perhelatan tersebut.

Tetapi jika melihat kembali ke peringkat-peringkat bawah maka mungkin beberapa orang cukup kaget melihat hasilnya. Mungkin anda tak akan kaget melihat nama Yokoyama Yui atau Kitahara Rie. Tapi mungkin anda terkejut dengan kehadiran nama Kodama Haruka dan Muto Tomu. Menjadi menarik ketika melihat Muto Tomu yang menduduki posisi ke-10, berhasil mengalahkan Yokoyama Yui hanya dengan margin 14 suara.

Belum lagi terdapat nama-nama baru lainnya seperti Mukaichi Mion, Okada Nana, dan Takahashi Juri yang berhasil unggul dari NyanNyanKamen yang tidak lain adalah Kojima Haruna. Kojima Haruna sendiri akhirnya dalam Sousenkyo tahun ini mengungkapkan bahwa ia akan segera lulus dari AKB48.

“Semoga upacara kelulusanku tak ditunda seperti Takamina,” guyon Kojima Haruna dalam pidatonya.

NyanNyan Kamen
NyanNyan Kamen

Melihat fakta tersebut, kita mulai disadarkan bahwa begitu banyak wajah lama yang akan segera pergi dari grup tersebut dan tentunya kedepannya akan digantikan oleh wajah-wajah baru.

Disinyalir sejumlah nama sudah mendeklarasikan bahwa dirinya tak akan mengikuti Sousenkyo tahun 2017, seperti Minegishi Minami dan Yamamoto Sayaka. Minegishi Minami dalam sebuah surat kabar menyatakan bahwa tahun ini adalah tahun terakhir partisipasinya dalam Sousenkyo, sementara Yamamoto Sayaka menyatakannya melalui langganan mobile mail. Terdapat desas-desus pula bahwa member seperti Shimazaki Haruka pun mungkin tak akan ikut senbatsu sousenkyo tahun depan.

Keputusan untuk tidak ikut bukan berarti mereka akan segera lulus, namun tetap saja status yang diraih dalam Senbatsu Sousenkyo adalah penting dan menjadi wajah dari AKB48 Group.

Pertanyaan terbesarnya, apakah para wajah baru ini mampu mengulang kesuksesan dari para seniornya di “Bagian Pertama AKB48”?

Banyak fans lama yang masih menyangsikan aura idola dari para member yang disebut-sebut sebagai generasi penerus atau member “Bagian Kedua AKB48”. Untuk mereka, sulit menemukan sosok seperti Maeda Atsuko atau Oshima Yuko. Aura idola keduanya nampaknya memang tak bisa dikomparasikan dengan yang sekarang.

“AKB48 yang sekarang sudah tidak ada harapan lagi,” sebuah perkataan yang kerap dilontarkan oleh sebagian besar orang yang mengikuti perkembangannya.

Dibawah kepemimpinan baru Yokoyama Yui, memang AKB48 belum terlihat begitu mantap dan masih dalam proses transisi. Bukan tidak mungkin jika mereka monoton tanpa perubahan maka akan mulai tenggelam dari jajaran tertinggi idol group di Jepang. Mereka pun menyadarinya.

“Aku punya suatu hal yang ingin kukatakan kepada para junior. Jangan menganggap bahwa kalian bisa melihat pemandangan ini dengan mudah. Mungkin saja kedepannya kalian tak dapat melihat pemandangan ini,” ungkap Watanabe Mayu dalam pidatonya kemarin.

Watanabe Mayu
Watanabe Mayu

Tapi nampaknya para generasi muda AKB48 sudah menyadari bahwa sudah banyak pandangan pesimis terhadap mereka. Dalam pidato kemenangan sejumlah generasi muda, mereka mengatakan bahwa siap membawa AKB48 kembali kepada kejayaannya.

“Sebagai member dari “Bagian Kedua AKB48”, aku punya sebuah deklarasi. Aku ingin membantu AKB48 berubah. Aku ingin membantu AKB48 sebagai front member dan akan berusaha keras untuk itu,” ungkap Muto Tomu.

Muto Tomu
Muto Tomu

Apakah kelak wajah baru seperti Muto Tomu, Mukaichi Mion, Okada Nana, dan Takahashi Juri mampu menjadi legenda seperti para seniornya?

Tapi jika memang ingin menikmati lembaran baru dari AKB48, saran saya jangan buat ekspektasi berlebih atau mengkomparasikan para wajah baru dengan para senior pendahulunya. Mereka tentunya punya keunikan dan karakteristik yang berbeda.

Lalu, apakah menurut anda AKB48 akan tetap sukses kedepannya?

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.