Saham Toshiba di Tokyo Pun Anjlok




Selain kerugian, masalah lain harus dihadapi Toshiba dengan anjloknya saham mereka

Salah satu perusahaan besar asal Jepang yakni Toshiba nampaknya masih belum bisa lepas dari permasalahan yang tengah mereka hadapi. Setelah tahun 2015 mengalami kerugian  sekitar 55,2 triliun rupiah, pada hari Jumat (5/2/2016) saham mereka turun ke angka terendah dalam 36 tahun terkahir.

Saham Toshiba turun ke angka terendah dalam lebih dari 36-tahun pada Jumat (5/2), setelah perkiraan kerugian tahunan perusahaan melebar menjadi enam miliar dolar AS, sementara penguatan yen menyeret Nikkei ke posisi merah.

Saham perusahaan anjlok lebih dari 11 persen menjadi 176,3 yen pada Jumat, penutupan terendah sejak akhir 1979. Belum lama ini, Toshiba sudah menjual unit bisnis sensor kamera mereka ke Sony. Produsen peralatan medis Topvon Corp pun sudah dijual.

Perusahaan yang berdiri sejak 1939 ini juga masih harus menghadapi tuntutan hukum dari para pemegang saham. Toshiba berjanji untuk segera mengatasinya dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan pemotongan gaji ekslusif mereka.

Di Indonesia sendiri, masih hangat berita tentang penutupan pabrik Toshiba dan perusahaan asal Jepang lainnya Panasonic. Hal ini mengakibatkan sekitar 2.500 pekerja akan di-PHK

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.