Ribuan Korban Gempa Kumamoto Masih Tinggal di Tempat Penampungan




Banyak penduduk Kumamoto yang kehilangan tempat tinggal akibat gempa

Lebih dari 6.000 orang masih tinggal di tempat pengungsian dua bulan pasca gempa kuat pertama yang mengguncang Provinsi Kumamoto di Jepang barat daya.

Bencana itu sendiri menewaskan 49 orang sejak gempa pertama mengguncang 14 April lalu. Satu orang masih hilang di Minamiaso, sebuah desa yang mengalami tanah longsor. Dua gempa yang terjadi di kawasan ini tercatat dalam intensitas 7 dalam skala Jepang atau yang tertinggi.

Petugas dari pemerintah provinsi Kumamoto mengatakan, hingga Senin (13/06/2016) kemarin masih ada 6.431 pengungsi yang tinggal di tempat penampungan, yang lainnya masih tinggal di mobil-mobil, tenda atau pondok-pondok kecil.

Sekitar 140.000 rumah mengalami kerusakan, 30.000 di antaranya rubuh atau mengalami kerusakan parah. Pemerintah provinsi telah membangun 3.000 unit perumahan sementara dan sejauh ini baru 90 yang telah ditawarkan ke para pengungsi.

Pemerintah kota juga mengeluarkan sertifikat bagi para pengungsi untuk membuktikan bahwa mereka adalah korban bencana. Dokumen itu diperlukan untuk mendapatkan bantuan publik. Tetapi ada sejumlah keluhan terkait dokumentasi tersebut yang menyatakan bahwa kerusakan sesungguhnya lebih serius dibandingkan yang tercatat dalam dokumen.

Sumber: NHK

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.