Zyuohger: Ketika, Hewan Buas Melindungi Bumi!




Zyuohger menjadi seri spesial ulang tahun Super Sentai

Zyuohger merupakan seri ke 40 Super Sentai sekaligus menjadi seri anniversary yang mengambil tema besar “hewan.”

Sebuah tema yang cukup populer dan tidak asing di ranah Tokusatsu. Menjadi seri spesial membuat fans menaruh harapan tinggi pada Zyuohger. Mereka sangat berharap seri ini bisa sesukses seri anniversary sebelumnya yaitu Super Sentai ke 35 Gokaiger.

 “Bangkitkan Insting Itu.”

Episode pertama dibuka dengan perjalanan Kazakiri Yamato seorang zoologist yang mengantar beberapa rombongan anak dalam ekspekdisi di hutan disekitar pegunungan.

Yamato tidak sengaja menjatuhkan “jimat” nya yang berupa sebuah kubus abu-abu kecil. Usaha Yamato untuk mencari jimatnya tersebut malah mengantarkannya pada sebuah Kubus Raksasa yang kemudian membawanya ke sebuah tempat, bernama Zyuland.

Zyuuland adalah negeri di dunia lain yang dihuni oleh manusia-manusia hewan (Zyuman). Ketika terbangun Yamato telah dikerubungi oleh  Zyuman yaitu Tusk (Manusia Gajah), Leo (Manusia Singa), Sela (Manusia Hiu) dan Amu (Manusia Macan), mereka berempat adalah penjaga Link Cube, yaitu Kubus yang menjadi gerbang antara bumi dan Zyuland.

Para karakter di Zyuohger
Para karakter di Zyuohger

Mari Mulai Permainannya”

Sementara di bumi keadaan telah berubah. Sekumpulan Alien jahat yang menamakan diri sebagai Deathgaliens tengah memulai permainan berburu mereka. Satu pasukan membakar hutan tempat dimana Yamato dan yang lain berada, selain menghancurkan hutan, mereka juga meledakkan Link Cube.

Yamato, Tusk, Leo, Sera dan Amu  yang tak bisa memaafkan tindakan para Alien kemudian merubah kubus yang menjadi kunci Link Cube menjadi ZyuOh Changer, sebuah alat transformasi yang merubah mereka menjadi Zyuohger.

Seperti musuh lain di Super Sentai, setelah dikalahkan tentu saja musuh akan berubah menjadi raksasa. Dalam seri Zyuohger, transformasi nya terjadi karena koin yang dibuat dari sel Genis pemimpin Deathgaliens. Dan demi melawan musuh yang telah menjadi raksasa, para pahlawan kita memanggil ZyuohCubes, mecha-mecha hewan yang bertransformasi dari kubus-kubus dan membentuk ZyuohKing.

Para Deathgaliens
Para Deathgaliens

“Pemain Anda Telah Kalah, Apakah Anda Ingin Melanjutkan?”

Seri ini sempat mendapat kritik dan komentar negatif bahkan sebelum mulai ditayangkan. Hal itu dipicu oleh menurunnya rating Shuriken Sentai Nininger sebagai seri pendahulunya yang  membuat orang-orang memandang seri ini dengan sebelah mata.

Terlebih karena desain karakter dianggap terlalu polos untuk Super Sentai yang biasanya terlihat flashy sehingga orang-orang kurang tertarik.

Tetapi seluruh komentar negatif itu seakan hilang ketika episode pertama ditayangkan. Dalam awal episode kita diingatkan kembali betapa unik dan berwarnanya Tokusatsu.

Zyuohger menawarkan sensasi yang Familiar namun terasa Fresh. Pertarungan pertama ZyuOhger kembali menampilkan koreografi tangan kosong a-la Sentai klasik dengan memberi efek-efek flashy khas Super Sentai.

Selain itu banyak sekali referensi yang ditujukan kepada tim Super Sentai pendahulu, Seperti Liveman, Flashman, Jetman Hingga Gekiranger yang cukup memberi kesan nostalgia” bagi para penonton lama, namun juga memberikan aksi yang segar bagi penonton baru.

ZyuohKing

Yamato memberikan kesan red yang kuat. Karisma dan background kehidupannya membayangi kita dengan figur legendaris seperti Ryouga (Abared) dan Kakeru (Gaored) Sementara Anggota tim yang lain seakan membawa kita ke era Gekiranger , mengingatkan akan tindakan polos dan lugu para master terdahulu.

Sementara tema Deathgaliens sebagai pemburu yang mempermainkan mangsanya lewat sebuah blood game sangat cocok menjadi musuh bagi para Zyuohger yang memiliki tema hewan karena pada umumnya hewan sering menjadi bahan buruan bukan?

Mecha dari seri ini sendiri sempat mendapat reaksi keras dari fans karena bentuknya yang dianggap jelek yaitu berbentuk kubus, tetapi rasanya hal itu bukan masalah jika kita melihat ke masa lalu dimana sebelum ini Super Sentai pernah menggunakan bangun datar sebagai tema mecha  yaitu dengan membuat OhBlocker dari Ohranger.

Setelah menonton hingga episode 9 sepertinya tidak ada hal yang harus dicemaskan dari Zyuohger.  Seri ini menjanjikan banyak hal yang fresh. Dalam segi serial anniversary seri ini agak berbeda dengan Gokaiger . Gokaiger menghadirkan kembali Sentai masa lalu dalam serinya sebagai cameo atau bintang tamu.

Sementara Zyuohger berusaha untuk mengganti hal tersebut dengan hal lain, seperti menyisipkan referensi dan easter egg terhadap sentai-sentai terdahulu, tentunya hal ini dapat mengundang para penonton lama untuk kembali mengikuti Super Sentai.

Rating yang didapat Zyuohger hingga episode 9 berada di angka 4.5% cukup tinggi mengingat rating dari kuarter akhir Nininnger bahkan tidak mencapai 4%.  Setelah belasan tahun menonton seri Tokusatsu, melihat Zyuohger hanya ada satu kalimat yang bisa diucapkan “Zyuohger is a must watch !.”

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.