Rakuten Resmi Menarik Diri Dari Indonesia




Pengumuman Rakuten akan menutup bisnisnya di Indonesia

Berjaya di negara asal, belum tentu bisa berjaya di negara lain. Hal itu nampaknya yang terjadi dengan Rakuten. Salah satu situs belanja online asal Jepang itu resmi menarik diri dari Indonesia mulai tanggal 1 Maret 2016. Hal ini disampaikan melalui pengumuman yang dituliskan di situs resmi mereka.

Keputusan ini sendiri cukup mengejutkan dan menimbulkan pertanyaan mengingat bisnis e-commerce di Indonesia sedang berkembang dan diprediksi bakal naik 45,1 persen hingga akhir 2016. Apakah bisnis Rakuten gagal di Indonesia?

“Dengan sangat menyesal kami mengumumkan bahwa Rakuten Belanja Online tidak lagi tersedia bagi pelanggan untuk melakukan pembelian per 1 Maret 2016. Kami ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan Anda selama beberapa tahun ini dan kami harap Anda menikmati berbelanja di Rakuten Belanja Online,” tulis Rakuten.

“Harap dicatat bahwa semua sisa Rakuten Super Points akan berakhir pada hari ini (12/2/2016). Kami menganjurkan kepada Anda untuk menggunakan Rakuten Super Points Anda sampai dengan tanggal 29 Februari 2016,” lanjutnya.

Rakuten pertama kali didirikan oleh Hiroshi Mikitani pada bulan Februari 1997 dan mulai masuk ke Indonesia mulai tahun 2011 dengan menggandeng MNC Grup sebagai mitra kerja mereka, dan memutuskan berpisah ditahun 2013 silam.

Sayonara Rakuten!

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.