Prediksi Perebutan Tahta Senbatsu Sousenkyo AKB48 2016




Tidak terasa AKB48 Group telah memasuki tahun ke-8 dari Senbatsu Sousenkyo. Ajang pemilihan yang kerap menjadi pembicaraan antara masyarakat Jepang bahkan non-fans dari AKB48 Group ini seakan tidak ada habisnya.

Dilansir oleh sebagian banyak orang bahwa AKB48 Group sudah mulai meredup dan akan habis masanya. Namun, setiap tahunnya jumlah suara yang masuk untuk Sousenkyo terus meningkat. Angkanya pun membuat orang terperangah.

Kali ini saya akan mencoba kembali membuat ulasan serta prediksi Sousenkyo dari AKB48 Group. Dengan kapasitas saya yang baru 4 tahun menjadi fans dari AKB48 Group dan lima kali mengikuti perjalanan sousenkyo, tentunya pendapat saya ini bisa diperdebatkan. Prediksi tetaplah prediksi karena hasil akhir sangat mungkin untuk berbeda dengan prediksi ini.

Sepeninggal dua punggawa utama dari AKB48, yakni Maeda Atsuko dan Oshima Yuko, terdapat tiga nama utama yang kerap bercokol di posisi teratas. Watanabe Mayu, Sashihara Rino, dan Kashiwagi Yuki merupakan langganan utama dari posisi teratas. Mereka seakan tidak dapat digoyahkan posisinya. Jumlah total suara yang diraup oleh ketiganya pun terbilang spektakuler dan memiliki margin cukup besar dengan peringkat di bawahnya.

Pada tahun lalu Takahashi Minami berada di posisi 4 meraih 138.252 suara. Perbedaan suara antara Takahashi Minami dengan Watanabe Mayu yang berada di posisi 3 terbilang cukup besar, Watanabe Mayu berhasil meraih 165.789 suara.

Sementara itu pada posisi puncak, Sashihara Rino merebut gelar center tanpa bisa ditandingi karena suara yang diperolehnya adalah 194.049 suara. Kashiwagi Yuki yang saat itu meraih posisi runner-up harus puas dengan 167.183 suara.

Pada hasil preliminary Senbatsu Sousenkyo 2016, nama Watanabe Mayu dan Sashihara Rino masih betah bertahan di posisi dua teratas. Preliminary merupakan hasil dari periode voting selama satu hari.

Dalam satu hari sudah sangat banyak suara yang masuk. Pada preliminary ini Watanabe Mayu berhasil meraih 42.034 suara dan menempati posisi pertama, disusul oleh Sashihara Rino dengan 41.127 suara.

Untuk posisi ketiga sementara ditempati oleh Matsui Jurina. Kashiwagi Yuki sendiri pada perolehan sementara berhasil menempati posisi ke-6.

Sejumlah nama yang tidak diduga-duga berhasil meraih posisi 16 teratas pada pengumuman hasil preliminary Senbatsu Sousenkyo 2016.

Fuchigami Mai (HKT48), Kawamoto Saya (AKB48), Okita Ayaka (NMB48), Oshima Ryoka (AKB48), Takahashi Juri (AKB48), Takeuchi Saki (SKE48), dan Okada Nana (AKB48) berhasil membuat kejutan. Tidak lupa terdapat satu nama baru yang ikut menempati posisi sementara 16 besar preliminary, NyanNyan Kamen.

NyanNyan Kamen mulanya hanya sosok misterius yang mengirimkan aplikasi sousenkyo secara asal-asalan. Namun tentunya semua berpikir bahwa ia adalah Kojima Haruna. Sosok Nyanyan Kamen baru terungkap ketika profilnya diangkat dan juga video promosinya mulai diunggah. Betul saja, ia adalah Kojima Haruna namun dengan topeng.

Beralih kembali ke posisi sementara di 16 besar hasil preliminary, nama lain nampaknya sudah lumrah sudah berada di sana. Miyawaki Sakura, Kodama Haruka, Suda Akari, dan Yamamoto Sayaka adalah nama-nama yang tersisa.

Mungkin Kodama Haruka dan Suda Akari pada tahun lalu tidak berhasil menembus senbatsu, tapi keduanya memang sudah diprediksi kuat akan bisa menembus posisi senbatsu tahun ini. Jika keduanya berhasil, maka ini akan menjadi kali pertama bagi mereka masuk dalam posisi 16 besar setelah tahun lalu harus jatuh jauh peringkatnya.

Tapi menurut saya secara pribadi nama-nama hasil dari preliminary ini masih sangat mungkin berfluktuasi. Nama-nama yang tahun lalu berhasil merebut posisi 16 besar sepertinya masih sangat bisa meroket jauh hasil suaranya pada hari pengumuman hasil akhir.

Sejumlah nama lainnya yang tahun lalu berhasil merebut posisi 16 besar namun tahun ini belum keluar namanya di hasil preliminary adalah Muto Tomu, Takayanagi Akane, Yokoyama Yui, Kitahara Rie, dan Shimazaki Haruka.

Sementara beberapa orang lainnya yang berhasil merebut posisi 16 besar pada tahun lalu namun tidak berpartisipasi tahun ini adalah Shibata Aya, Matsumura Kaori, Watanabe Miyuki, Miyazawa Sae, dan Takahashi Minami. Miyazawa Sae dan Takahashi Minami sudah lulus, sedangkan Watanabe Miyuki akan lulus sebentar lagi.

Muto Tomu adalah sosok yang cukup underdog setiap tahunnya. Pada Senbatsu Sousenkyo pertamanya saat kenkyuusei, ia berhasil menjadi center Future Girls.

Setelah itu, setiap tahunnya ia berhasil naik peringkat, bahkan naik kategori. Karirnya pasca berhasil meraih posisi 16 tahun lalu cukup cemerlang dengan berhasil mmembintangi sejumlah iklan dan saat ini iklannya dengan trademark “PaRiPiPo(Party People)” bisa dikatakan terkenal di Jepang bahkan di kalangan non-fans AKB48.

Muto Tomu

Tahun lalu pada saat preliminary ia hanya menempati posisi ke-36, tetapi berhasil membuat kejutan di akhir. Tahun ini ia menargetkan peringkat satu digit.

Target yang cukup sulit namun tidak akan ada yang pernah tahu kejutan apa yang telah disiapkan para fans nya karena memang fans nya dianggap selalu membuat kejutan setiap sousenkyo. Anggaplah saya subyektif ketika membicarakan Muto Tomu, namun saya berusaha memaparkan fakta seobyektif mungkin.

Selanjutnya adalah Takayanagi Akane dan Suda Akari yang merupakan punggawa dari SKE48. Sepeninggalan dari Matsui Rena, mereka berdua terbilang menjadi member yang mengisi kekosongan tersebut.

SKE48 dikenal dengan fans nya yang sangat kuat. Sangat mungkin untuk keduanya bisa menembus posisi 16 besar. Terutama bagi Suda Akari yang tahun lalu nampak begitu frustasi ketika terdepak dari senbatsu. Para fansnya tahun ini mungkin akan “membalaskan dendam” atas isak tangisnya tahun lalu.

Suda Akari
Suda Akari

Beralih ke sosok Kitahara Rie. Tahun lalu iaberhasil membuat kejutan yang luar biasa dengan merebut posisi ke 11, 61.556 suara. Dibandingkan dengan tahun 2014, dimana ia hanya mengoleksi 34.666 suara.

Suaranya berhasil meningkat sebanyak hampir dua kali lipat. Tentunya hal tersebut dipengaruhi oleh keberaniannya dalam membangun sister group baru, NGT48.

Kali ini ia pun nampak masih kuat untuk meraup suara banyak karena sumbangsihnya bagi keberhasilannya dalam memperkenalkan NGT48. Selain itu, belum ada sosok kuat lainnya dari NGT48 yang bisa menembus kursi senbatsu.

Kitahara Rie
Kitahara Rie

Untuk Yokoyama Yui dan Shimazaki Haruka sendiri, mereka punya beribu alasan untuk tetap berada di posisi 16 besar. Pertama, keduanya sangat terkenal. Kedua, mereka memiliki posisi penting dalam AKB48.

Yokoyama Yui merupakan general manager baru dari AKB48 Group, ia menggantikan posisi Takahashi Minami. Sedangkan Shimazaki Haruka selama ini digadang sebagai center dari AKB48. Probabilitas keduanya terdepak dari 16 besar sangatlah kecil.

Shimazaki Haruka
Shimazaki Haruka

Namun tentunya kita tak boleh lupa juga dengan sejumlah nama potensial yang bisa menembus posisi senbatsu tahun ini.

Menurut pandangan saya, sejumlah nama ini merupakan bibit-bibit yang siap membuat kejutan, yakni Furuhata Nao (SKE48), Oba Mina (SKE48), Tani Marika (SKE48), Okada Nana (AKB48), Takahashi Juri (AKB48), Iriyama Anna (AKB48), Kato Rena (AKB48), Mukaichi Mion (AKB48), Kodama Haruka (HKT48), Kizaki Yuria (AKB48), Tomonaga Mio (HKT48), Okita Ayaka (NMB48), Sutou Ririka (NMB48), Yagura Fuuko (NMB48), dan Shiroma Miru (NMB48).

Tahun lalu SKE48 berhasil meloloskan banyak nama ke senbatsu sousenkyo dan nampaknya fans SKE48 tahun ini bisa saja meloloskan sejumlah nama dari SKE48 untuk bisa menembus senbatsu.

Untuk tahun ini saya memprediksi dua nama baru yang cukup kuat, yakni Furuhata Nao, Oba Mina, dan Tani Marika.

Masih lekat diingatan ketika tahun lalu Tani Marika tiba-tiba menembus peringkat tinggi ketika pengumuman preliminary. Bukan tidak mungkin kali ini ia menembus senbatsu.

Untuk Furuhata Nao, ia sering membicarakan bagaimana ia ingin memajukan SKE48. Ia pun sangat bertalenta, maka dari itu ia juga berpotensi kuat.

Furuhata Nao
Furuhata Nao

Sementara itu Kodama Haruka dan Tomonaga Mio dari HKT48 juga merupakan dua punggawa utama dari HKT48 yang siap menembus kursi senbatsu.

Tahun lalu, margin suara antara Kodama Haruka dan Muto Tomu sangatlah tipis. Kodama Haruka hanya bisa puas di posisi ke-17. Ia berkata bahwa ia sangat ingin bisa berada di senbatsu bersama dengan Miyawaki Sakura dan Sashihara Rino.

Bukan tidak mungkin terjadi pada tahun ini. Tangisan frustasi Kodama Haruka pada tahun lalu mungkin saja berbuah manis di tahun ini.

Kodama Haruka
Kodama Haruka

Untuk NMB48, sepeninggalan Watanabe Miyuki tentunya muncul sejumlah nama yang diisukan siap mengisi posisi kosongnya. Sebut saja Shiroma Miru, Yagura Fuko, dan Sutou Ririka.

Nama-nama tersebut kerap menggantikan posisi Watanabe Miyuki di center. Tapi kemarin Okita Ayaka membuat kejutan pada hasil preliminary, desas-desusnya, beberapa fans Watanabe Miyuki mengalihkan suaranya ke Okita Ayaka. Tapi benar adanya atau tidak, belum terkonfirmasi. Hasilnya pun masih harus kita lihat nanti.

Shiroma Miru
Shiroma Miru

Untuk AKB48, persaingan antar para generasi penerus sepertinya masih sangat ketat. Okada Nana (AKB48), Takahashi Juri (AKB48), Iriyama Anna (AKB48), Kato Rena (AKB48), dan Mukaichi Mion (AKB48) adalah beberapa nama yang dianggap bisa menembus kursi senbatsu.

Mungkin beberapa dari mereka belum bisa memperlihatkan angka yang memuaskan dari hasil preliminary, tapi siapa yang tahu hasil 2 minggu kedepan. Pemungutan suara selama satu hari masih sangat bisa berubah selama 2 minggu kedepan.

Takahashi Juri dan Okada Nana adalah sosok dua pemimpin dari Team 4. Keduanya pun santer dibicarakan sebagai calon kuat pengganti Yokoyama Yui jika ia lulus.

Walaupun nampaknya pembicaraan ini terlalu cepat karena Yokoyama Yui baru saja menjabat general manager AKB48 Group. Keduanya terlihat kuat untuk bisa menembus senbatsu karena peranannya yang signifikan dalam memimpin para member muda AKB48.

Okada Nana
Okada Nana

Sementara itu Iriyama Anna yang baru kembali lagi berpartisipasi dalam Sousenkyo juga dinilai potensial. Tahun lalu ia tidak berpartisipasi karena tak ingin suara yang diberikan untuknya hanya karena faktor kasihan akibat tragedi yang pernah menimpanya dan Kawaei Rina.

Kembalinya ia tahun ini bisa membuat para fans nya bekerja keras, belum lagi ia tak pernah menghadiri acara handshake karena trauma.

Jadi secara logis, uang fans nya pun relatif jarang terpakai sehingga bisa dimaksimalkan pada sousenkyo. Masih terdapat pula Kato Rena yang selama ini terus menerus menjadi senbatsu dalam berbagai single, mungkin juga tahun ini akhirnya ia bisa berhasil menjadi senbatsu dalam single sousenkyo.

Namun dibalik semua analisa tersebut, berikut adalah prediksi peringkat 16 besar menurut saya:

  1. Watanabe Mayu
  2. Sashihara Rino
  3. Matsui Jurina
  4. Kashiwagi Yuki
  5. Yamamoto Sayaka
  6. Miyawaki Sakura
  7. Shimazaki Haruka
  8. Yokoyama Yui
  9. Suda Akari
  10. NyanNyan Kamen
  11. Kodama Haruka
  12. Takayanagi Akane
  13. Muto Tomu
  14. Kitahara Rie
  15. Furuhata Nao
  16. Okada Nana

Sekali lagi, prediksi hanyalah prediksi. Tidak akan ada yang pernah tahu hasil akhirnya. Tak akan ada yang tahu siapa yang akan berhasil merebut tahta suci center di HARD OFF ECO Stadium Niigata nanti.

Apakah kalian setuju dengan predisksi saya? Atau bagaimana prediksi hasil sousenkyo menurut Anda? Coba isi di kolam komentar!

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.