Pelecehan Terhadap Pekerja Pria di Jepang Semakin Meningkat




Jika kita biasanya sering membaca berita terjadi pelecehan terhadap karyawan wanita di berbagai wilayah, di Jepang keadaan sebaliknya justru sedang marak terjadi.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh  MX Tokyo TV, jumlah pelecehan terhadap pekerja pria di Jepang semakin meningkat dan menyentuh angka 22%.

“Memang masih banyak pelecehan terhadap wanita, tetapi akhir-akhir ini pelecehan terhadap lelaki tampaknya semakin meningkat,” ujar pengacara Adire, Sakura Shimada seperti yang kami kutip dari Tribunnews.

Menurut Shimada, semakin banyak pria yang menelpon untuk melakukan konsultasi setelah mendapatkan pelecehan dari pekerja wanita senior di kantornya.

“Misalnya saja karyawan wanita senior sedang lalah, ia memanggil karyawan pria juniornya dan meminta untuk dipijat, itu jelas pelecehan seksual terhadap lelaki,” tambahnya.

Ada juga pekerja wanita senior yang sengaja menjatuhkan pulpen di dekat karyawan pria juniornya. Saat mengambil pulpen tersebut, ia memperlihatkan punggung dengan celana dalam sangat seksinya, atau mendekat pura-pura bertanya dengan memperlihatkan lekukan buah dadanya.

“Jelas itu pelecehan terhadap lelaki sehingga tak bisa konsentrasi kerja, produktivitas kerja menurun dan bisa dijadikan alasan PHK,” ujarnya lagi.

Menurut data dari Dinas Tenaga Kerja Tokyo per tahun 2014, jumlah konsultasi mengenai pelecehan seksual terhadap pria sebanyak 706 kasus atau 60,8%. Sedangkan konsultasi yang mengalami pelecehan hanya 456 kasus saja atau 39,2%.

Shimada meyakini jumlah keluhan pelecehan seksual terhadap pria akan semakin banyak di masa mendatang karena faktor ‘serba salah.’

Para wanita selalu ingin dimengerti dan diutamakan, jadi jika pria tidak mengikuti kehendak wanita, maka wanita bisa berbalik teriak mengadu dirinyalah yang dilecehkan pria.

Ketakutan untuk membalas atau menanggapi pelecehan wanita kepada pria menjadi beban stres cukup besar saat ini karyawan pria di kantor menghadapi seniornya yang seorang wanita.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.