Banjir Gol di Derby Kanagawa, Jay Bothroyd Cetak Gol Perdana di J1




Jay Bothroyd menjadi pahlawan kemenangan Jubilo Iwata atas Urawa Red Diamonds di Saitama

Pekan kedua J.League yang digelar hari Sabtu (5/3) dan Minggu (6/3) kemarin menghadirkan beberapa cerita dan rekor menarik dari sembilan pertandingan yang dilangsungkan.

Jika di pekan pertama, Derby Kysuhu yang berlangsung panas diwarnai oleh hujan kartu kuning, di pekan kedua ini Derby Kanagawa diwarnai oleh hujan gol. Delapan gol tercipta saat Kawasaki Frontale menjamu Shonan Bellmare di Stadion Todoroki yang berakhir dengan skor 4-4.

Kedua tim silih berganti melakukan serangan untuk mencetak gol. Yoshito Okubo membawa tim tuan rumah unggul terlebih dahulu melalui tendangan akurat dari luar kotak penalti yang disambut gemuruh para suporter Frontale.

Ini menjadi gol ke-157 bagi mantan penyerang Mallorca di ajang J.League dan membuatnya menyamai catatan gol penyerang Sanfrecce Hiroshima Hisato Sato sebagai penyerang tersubur yang masih aktif bermain.

Setalah gol Okubo, Bellmare justru mampu bangkit untuk berbalik unggul melalui gol bunuh diri kiper Frontale Sung-Ryong Jung dan sepakan Daisuke Kikuchi. Keunggulan ini tidak berlangsung lama Yu Kobayashi mencetek gol penyeimbang setelah memanfaatkan umpan Okubo untuk menceploskan bola ke gawang Bellmare.

Paulinho yang musim ini didatangkan dari JEF United kembali membawa Bellmare unggul, namun lagi-lagi Yu Kobayashi menyamakan kedudukan lewat golnya dipenghujung babak pertama untuk menutup 45 menit pertama dengan skor 3-3.

Dibabak kedua, baik Fontale dan Bellmare tidak mengendorkan serangan mereka. Peluang demi peluang terus diciptakan kedua tim. Takuya Okamoto menghidupkan harapan tim tamu untuk meraih tiga angka dengan golnya di menit ke-77.

Disaat pertandingan sepertinya akan menjadi milik Bellmare, Takayuki Morimoto muncul sebagai pahlawan Frontale melalui golnya di detik terakhir babak kedua. Gol yang bukan hanya menjadi penyelamat timnya dari kekalahan, tapi juga menjadi gol perdananya di divisi utama atau J1 setelah 11 tahun.

Moriomoto hingga kini tercatat sebagai pemain termuda yang melakukan debut di J1. Ia melakoninya saat masih berusia 15 tahun, 10 bulan, dan 6 hari saat memperkuat Tokyo Verdy melawan Jubilo Iwata di tahun 2004.

Pemain berusia 27 tahun itu juga masih memagang rekor sebagai pemain termuda yang mencetak gol di J1 saat menceploskan si kulit bundar ke gawang JEF United dua hari sebelum ia berulang tahun ke-16. Terakhir kali ia mencetak gol di J1 ditahun 2005 silam atau sesaat sebelum ia melanjutkan karirnya di Italia bersama Catania.

Dari Stadion NACK5, Omiya Ardija melanjutkan tren positifnya setelah kembali promosi ke J1 saat menaklukan salah satu tim kuat Kashiwa Reysol dengan skor 2-0.

Dua gol kemenangan Ardija disarangkan oleh penyerang andalan mereka Dragan Mrđa. Ardija memang harus berterima kasih kepada mantan penyerang timnas Serbia tersebut bukan hanya karena kontribusinya didalam lapangan tetapi juga karena loyalitas Mrda kepada tim.

Bagi Reysol, ini menjadi kekalahan kedua mereka secara beruntun dan menjadi catatan buruk untuk pelatih baru mereka Milton Mendes. Arsitek berkebangsaan Brazil itu juga sebelumnya dikritik karena melepas dua punggawa tim di musim lalu Cristiano dan Eduardo.

Setelah 11 tahun, Takayuki Morimoto kembali mencetak gol di kasta tertinggi J.League
Setelah 11 tahun, Takayuki Morimoto kembali mencetak gol di kasta tertinggi J.League

Huja gol juga tercipta di Kobe saat Vissel Kobe membenamkan Albirex Niigata 6-3. Tim tuan rumah mampu bangkit dari ketertinggalan 2-3. Duo Brazil Pedro Junior dan Leandro menjadi aktor kemenangan Vissel melalui sumbangsih gol mereka.

Pertandingan di hari Sabtu kemarin ditutup oleh duel tim promosi Avispa Fukuoka yang menjamu Yokohama F. Marinos. Antuasiasme pendukung tuan rumah dalam meyambut pertandingan kandang pertama mereka di J1 setelah lima tahun dibuktikan dengan stadion yang terisi penuh. Hadirnya NMB48 untuk membuka pertandingan semakin memeriahkan suasana stadion.

Pertandingan ini juga menjadi reunian bagi pelatih Avispa Masami Ihara. Semasa menjadi pemain, pemegang 122 caps bersama timnas Jepang itu pernah memperkuat Marinos selama sembilan tahun dan lama menjadi kapten tim.

Kedua tim memburu kemenangan perdana musim ini usai pekan lalu dipaksa menerima kekalahan dan tim tuan rumah berhasil unggul cepat melalui Wellington saat pertandingan baru memasuki menit keenam. Penyerang asal Brazil mencetak gol keduanya musim ini melalui tandukan usai memanfaatkan tendangan pojok. Skor 1-0 bertahan hinga turun minum.

Avispa sepertinya tidak belajar dari tim lain dimana ketika menghadapi tim yang diperkuat oleh seorang Shunsuke Nakamura, jangan pernah sekalipun melakukan pelanggaran di depan kotak penalti. Delapan menit jelang bubaran, sang kapten berhasil mencetak gol melalui tendang bebas khasnya.

Tendangan melengkung kaki kiri Nakamura gagal dihadang oleh kiper Avispa Ryuichi Kamiyama. Gol yang semakin mempertajam rekor pribadinya sebagai pengoleksi gol terbanyak melalui tendangan bebas di J.League.

Skor 1-1 bertahan hingga wasit meniupkan peluit akhir. Kedua tim harus puas berbagi satu poin, dan menjadi angka pertama mereka di musim ini.

Hisato Sato berhasil menyamai rekor Masashi Nakayama sebagai pencetak gol terbanyak di J.League
Hisato Sato berhasil menyamai rekor Masashi Nakayama sebagai pencetak gol terbanyak di J.League

Pertandingan di hari Minggu dibuka oleh salah satu kandidat jawara Gamba Osaka yang melawat ke Yamanashi untuk menantang tim tuan rumah Ventforet Kofu. Gol tunggal dari Shun Nagasawa dibabak pertama memberikan kemenangan perdana untuk Gamba di musim ini.

Salah satu kandidat juara lainnya Urawa Red Diamonds gagal memanfaatkan laga kandang setelah bertekuk lutut oleh Jubilo Iwata dihadapan 44.000 penonton yang memadati Stadion Saitama 2002.

Blunder yang dilakukan Shusasku Nishikawa dan Tomoaki Makino dibabak pertama berakibat fatal. Kesalahan dua pungawa Samurai Biru itu membuat Jubilo berhasil mencetak gol melalui kaki Yoshiaki Ota. Setelah terus mengurung pertahanan Jubilo, Urawa akhirnya sukses menyamakan kedudukan melalui aksi individu playmaker mereka Yosuke Kashiwagi.

Tidak puas hanya dengan satu angka, pelatih Jubilo Hiroshi Nanami memasukan Jay Bothroyd. Penyerang Inggris ini pun melakukan debutnya di divisi utama setelah absen di pekan lalu karena cedera.

Meski belum sepenunhnya fit, Bothroyd membuktikan jika ia adalah pemain yang bisa memberikan perbedaan untuk timnya. Kepercayaan yang diberikan Jubilo berhasil dibayarnya dengan gol kemenangan yang ia ciptakan.

Gol yang juga membuat Bothroyd tercatat sebagai pemain Inggris pertama yang mencetak gol diajang J1 setelah Gary Lineker bersama Nagoya Grampus ditahun 1994. Tidak salah memang banyak yang menjagokannya sebagai salah satu pemain yang bisa meraih gelar sepatu emas musim ini.

Duel seru tersaji di Stadion Toyota ketika ‘sleeping giant’ Nagoya Grampus kedatangan juara bertahan Sanfrecce Hiroshima. Grampus yang musim ini bermaterikan banyak pemain baru dan didominasi oleh pemain muda, memburu kemenangan keduanya musim ini.

Penyerang jangkung Robin Simovic sempat membawa Grampus unggul melalui gol yang tercpita dengan skema serangan balik yang cepat. Ini menjadi gol kedua pemain asal Swedia yang baru di musim pertamanya di Jepang.

Keunggulan tuan rumah tidak berlangsung lama ketika raja gol dari Hiroshima Hisato Sato menaklukan Seigo Narazaki. Sato seperti tidak rela jika catatan golnya disamai oleh Okubo sehari sebelumnya. Ini adalah gol Sato yang ke-158 dan membuatnya sejajar dengan penyerang legendaris Masashi Nakayama di daftar pencetak gol terbnayak sepanjang sejarah J.League.

Dibabak kedua, meski kedua tim tetap tampil agresif, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Sanfrecce sendiri sedikit tertolong dengan buruknya penyelesaian akhir para pemain Grampus yang gagal mengkonversi semua peluang yang mereka ciptakan untuk menjadi gol.

Kemenangan FC Tokyo atas Vegalta Sendai menjadi penutup pekan kedua kemarin. 29 gol yang tercipta dalam sembilan pertandingan yang digelar menjadi bukti jika J.League masih menjadi Liga sepakbola terbaik di Asia.

Hasil lengkap pekan kedua J.League 2016:

[wpsm_comparison_table id=”11″ class=””]

 

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.