Niigata Story #Extra: Toki, Seekor Burung yang Menjadi Maskot Niigata




Setiap daerah atau wilayah di Jepang tentu mempunyai keunikan masing-masing. Dalam pembahasan kali ini, The Daily Japan menghadirkan kembali Niigata Story #Extra yang akan membahas burung kebanggaan Niigata yang sekaligus menjadi maskot kota Niigata yang bernama Toki.

Untuk kalian yang sebelumnya membaca artikel mengenai Shinkansen Max Toki, nah inilah asal-mula nama dari shinkansen tersebut.

Toki atau Japanese Crested Ibis (dalam terjemahan bebas yang artinya burung keramat dari Jepang) adalah salah satu spesies burung langka yang dilindungi oleh dunia. Burung ini mempunyai nama latin Nipponia Nippon, apabila dianalisis sudah jelas sekali burung ini berasal dari Jepang, lebih tepatnya dari Pulau Sado di Prefektur Niigata.

Baca Juga
Niigata Story #1: Pesona Niigata Dibalik Gemerlapnya Tokyo dan Osaka
Niigata Story #2: Max Toki, Shinkansen Kebangaan Warga Niigata
Niigata Story #3: Berkunjung ke Theater NGT48
NGT48 Dijadikan Ujung Tombak Promosi Prefektur Niigata

Pada abad ke-19, populasi Toki menurun drastis. Sekarang ini hanya ada sekitar 500 ekor saja yang tersebar di wilayah Asia Timur termasuk Jepang.

Daya tarik burung ini adalah tubuhnya yang berukuran besar. Panjang tubuhnya sekitar 76 cm, dan lebar sayap terentang sekitar 130 cm. Sedangkan ciri khasnya adalah kulit bagian muka burung tersebut berwarna merah terang, serta tidak ditumbuhi bulu. Bagian belakang kepala memiliki jambul berupa bulu putih panjang dan lebat.

Seperti halnya burung keluarga Ibis, Toki memiliki paruh panjang bengkok yang berwarna hitam dengan warna merah di ujungnya. Sisi bawah sayap berwarna merah muda. Toki jantan dengan betina sulit dibedakan jika hanya dilihat dari fisiknya, namun yang membedakan adalah berat badan burung jantan lebih berat dibandingkan dengan burung betina.

Burung yang jantan lebih agresif, dan memiliki bagian kepala berwarna merah yang sedikit lebih besar dari burung betina. Paruh burung yang jantan sedikit lebih panjang dan lebih tebal daripada yang betina.

Untuk para turis yang penasaran dengan burung Toki di Jepang, bisa berkunjung ke Pulau Sado yang bisa dicapai dengan menggunakan perahu boat dari Pelabuhan Niigata. Aksesnya terbilang mudah, karena bagi yang ingin mengunjungi pulau tersebut akan diantarkan menuju pelabuhan dari Stasiun JR Niigata.

Unik dan langkanya Toki membuat pemerintah Niigata dan Jepang mengangkat statusnya menjadi burung Nasional. Meskipun burung nasional Jepang bukanlah Toki, akan tetapi burung ini akan selalu menjadi maskot dan kebanggaan wilayah Niigata serta untuk meningkatkan pariwisata wilayah tersebut.

Bagi para fans NGT48 yang penasaran asal mula burung yang menghiasi teater, seifuku, dan logo NGT48 terjawablah sudah pertanyaan mereka.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.