NGT48 Dijadikan Ujung Tombak Promosi Prefektur Niigata




KAshiwagi Yuki dan Kitahara Rie dalam pembukaan Teater NG48

Kesuksesan dari AKB48 membuat grup tersebut berhasil membuka berbagai “cabang” di kota lainnya di Jepang bahkan di luar negeri. Sebut saja SKE48, NMB48, dan HKT48 yang namanya sudah sangat terkenal di Jepang, tak kalah dari grup induknya.

Sementara di luar negeri juga terdapat SNH48 di Shanghai, Tiongkok dan JKT48 di Jakarta, Indonesia. Tapi ternyata kesuksesan selama ini tak membuat Akimoto Yasushi selaku produser dari AKB48 Group puas begitu saja. Baru-baru ini Akimoto Yasushi membuka “cabang” baru di Prefektur Niigata, yakni NGT48.

NGT48 pada bulan Januari kemarin baru saja membuka teater nya secara perdana. Berjarak hanya 10 menit jika berjalan kaki dari Stasiun JR Niigata, anda dapat melihat papan nama NGT48 terpampang besar di Gedung Lovela 2.

Teater NGT48 berada di lantai 4 gedung tersebut. Sebelumnya, beberapa idol group asal Niigata sudah dikenal luas di Jepang, seperti Negicco dan RYUTist.

Dalam pembukaan teater NGT48 pada 9 Januari silam, Walikota Shinoda Akira turut hadir dalam peresmiannya.

“Kami akan berusaha agar teater ini dan NGT48 dapat dicintai oleh semua orang di Prefektur Niigata dan bahkan seluruh Jepang. Saya harap NGT48 dapat menjadi daya tarik utama bagi Niigata,” ungkap Kitahara Rie, Kapten NGT48 pada upacara peresmian tersebut.

NGT48 terbentuk musim panas tahun lalu sebagai sister group dari AKB48 yang juga memiliki teater di distrik Akihabara.

NGT48 terdiri dari 26 anggota, 22 diantara terpilih dari proses audisi yang diikuti oleh lebih dari 5.000 orang. Sementara itu 4 anggota lainnya sudah bergabung dengan AKB48 lebih dulu.

Kitahara Rie dan Kashiwagi Yuki merupakan anggota yang cukup veteran di AKB48. Sementara itu 2 orang lainnya, Ogino Yuka dan Nishigata Marina berhasil terpilih menjadi anggota NGT48 melalui sebuah acara bernama Draft Kaigi.

Faktanya, hanya 12 anggota dari NGT48 yang berasal dari Niigata. Kebanyakan diantara para anggota NGT48 adalah mereka yang sebelumnya telah mencoba mengikuti audisi AKB48 namun gagal. Kemudian mereka mencoba peruntungan dengan mengikuti audisi NGT48.

NGT48 melakukan debut di Niigata City Museum of History pada tanggal 21 Agustus 2016

NGT48 belum merilis single sendiri. Namun, mereka telah memiliki lagu sendiri yang bejudul “NGT48”. Lagu tersebut merepresentasikan berbagai lokasi wisata populer di Niigata, seperti Sungai Shinanogawa bahkan juga menyebutkan produk khas Niigata, yakni merk beras Koshihikari.

Niigata terpilih sebagai destinasi selanjutnya dari “cabang” AKB48 karena menjadi kota terbesar yang menghadap Laut Jepang di Kepulauan Honshu. Basis sister group lainnya sudah tersebar di berbagai prefektur lainnya, yakni Nagoya (SKE48), Osaka (NMB48), dan Fukuoka (HKT48).

Organisasi lokal memiliki harapan besar terhadap NGT48 agar mereka dapat menjadi grup yang berhasil mempromosikan Niigata. Bahkan Prefektur Niigata telah mengundang anggota NGT48 dalam berbagai kesempatan, seperti konferensi pers untuk mengumumkan merk beras baru dari prefektur tersebut, Shinnosuke.

Walaupun didominasi oleh 14 orang yang bukan berasal dari Niigata, ke-14 member lainnya ingin turut membantu mempromosikan karisma dan daya tarik dari Niigata.

“Di Niigata terdapat berbagai jenis orang,” ungkap Tano Ayaka (18) yang asal Prefektur Hyogo. Anggota dari NGT48 tersebut mengungkapkan bahwa ia menyukai makanan khas Niigata, yakni yakisoba yang disuguhkan dengan gaya Italia karena dilengkapi dengan saus daging ragu

Pendirian NGT48 membuat para fans idol group mulai memperbincangkan siapakah yang akan menjadi nomor satu diantara “perang idol” dengan Negicco dan RYUTist.

“Kami telah berhasil menarik perhatian besar dari masyarakat dan organisasi lokal, bahkan melebihi ekspektasi kami,” ungkap Imamura Etsuro (56), manajer teater NGT48, yang secara resmi dibuka pada 10 Januari.

ngt

“Kami berpikir bahwa NGT48 telah membantu idol group asal Niigata lainnya untuk mendapat perhatian lebih besar. Jika kami dapat mempromosikan idol group kepada para pemuda di Prefektur Niigata, kami yakin mereka akan menjadi aset nyata bagi Niigata,” ungkap Gubernur Izumida Hirohiko pada konferensi pers tahun lalu.

Sumber: The Asahi Shimbun

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.