Musim Panas Datang, Saatnya Bermain Suika-Wari!




Musim panas telah tiba, pantai pun menjadi destinasi wisata favorit bagi penduduk Jepang. Jika mengunjungi pantai, memang banyak sekali hal yang bisa dilakukan. Mulai dari berjemur, berenang, membuat istana pasir, atau hanya sekedar berjalan menyusuri pantai. Tapi bagi warga Jepang, ada satu kegiatan lagi yang tidak boleh terlewat, yaitu Suika-Wari.

Suika-Wari (スイカ割り) adalah salah satu permainan tradisional Jepang. Dalam permainan ini peserta harus membelah semangka dengan menggunakan tongkat panjang. Namun tidak hanya itu, selama permainan peserta diwajibkan untuk memakai penutup mata.

Baca Juga
Kebiasaan yang Dilakukan Orang Jepang Saat Musim Panas
Sensasi Menangkap Mie di Air Mengalir Saat Musim Panas
Kakigori, Sahabat Terbaik di Musim Panas
Berburu Minuman dan Manisan Rasa Garam di Musim Panas!

 

Sebelum bermain, peserta harus berdiri dengan jarak sekitar 5 meter dari semangka. Setelah itu matanya akan ditutup, dan peserta harus berputar sebanyak 2-3 kali. Kemudian permainan pun dimulai.

Dengan mengandalkan petunjuk dari suporter, peserta mencari tahu letak semangka. “Ayo kanan…kanan” “Aduh terlalu kanan, ke kiri sedikit!”, teriakan seperti itu akan terdengar sepanjang permainan. Namun apabila terdengar teriakan “Ya disitu, ayun!”, maka peserta kemudian akan mengayunkan tongkatnya sekuat tenaga.

Tantangannya tidak sampai disitu saja, peserta harus mengayunkan tongkatnya dengan arah dan kekuatan yang tepat sampai semangkanya dapat terbelah.

Setelah Suika-Wari selesai, acara selanjutnya adalah memakan semangka yang telah dibelah bersama dengan para suporter. Malah terkadang akan dilanjutkan dengan lomba lain, yaitu lomba melempar biji semangka dengan menggunakan mulut.

Permainan ini digemari oleh seluruh kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Biasanya permainan ini diadakan di pantai. Saking populernya, dahulu di Jepang sempat terdapat asosiasi yang bernama Japan Suika-Wari Association (JSWA). Asosiasi ini bahkan memiliki peraturan khusus yang membahas tata cara permainan Suika-Wari.

Siapkan semangka, tongkat, penutup mata, dan  kamu pun siap bermain Suika-Wari!

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.