Memasuki Mesin Waktu Expo 70 Osaka




Salah satu The Tower of the Sun di Expo 70 Osaka

Pada periode tahun 60-70an Jepang sedang mengalami proses transisi mulai dari zaman paska perang menuju ke era yang lebih modern. Stereotype Jepang yang kurang baik di mata beberapa negara lain membuat Jepang harus mengubah kembali wajahnya menjadi negara yang dapat diterima dan menerima negara lain.

Ada dua momen penting sebagai penanda pergantian wajah jepang. Olimpiade Tokyo 1964 dan World Expo 1970 yang digelar di Osaka. Dari kedua gelaran tersebut, Expo 70 menjadi momen penanda yang sangat dahsyat. 77 negara bergabung didalamnya untuk membuat festival negara terbesar di dunia.

Baca Juga
Dōtonbori: Jantung Kota Osaka yang Tak Pernah Tidur
Sejarah Glico Man, Simbol Kota Osaka
Menikmati Keindahan Osaka Dari Umeda Sky Building

 

Dalam 6 bulan, 64 juta orang berkunjung serta menjadi rekor terbanyak expo hingga akhirnya dipecahkan oleh Expo Shanghai di tahun 2010. Dengan moto “Progress and Harmony of Mankind” rasanya menjadi sangat tepat jika melihat eksposisi pameran dari seluruh negara yang berpartisipasi.

Menyambut acara akbar ini, dibuatlah sebuah kota masa depan imajiner yang dirupakan sebuah paviliun yang diciptakan oleh masing-masing negara. Tidak hanya sebuah konsep, namun sebuah bangunan jadi yang dapat dimasuki di dalamnya.

Beberapa paviliun memiliki keistimewaannya masing-masing. Paviliun Amerika dan Uni Soviet menjadi paviliun yang paling banyak pengunjungnya. Sebuah batu asli yang konon di datangkan dari bulan dipajang di tengah-tengah paviliun menjadi sebuah tontonan yang super menakjubkan pada tahun 1970.

expo1

Satu hal lagi yang menarik dan masih menjadi sesuatu yang manakjubkan hingga kini adalah sebuah landmark yang berdiri menjulang dan menjadi wajah expo 70. Patung raksasa berketinggian 70 meter, didesain oleh seorang seniman patung Taro Okamoto yang diberi nama Tower of the Sun menjadi sebuah simbol yang sangat megah dan agung.

Patung ini memiliki beberapa wajah.Terdapat dua wajah yang menghadap depan, Wajah di bagian bawah merepresentasikan masa kini sedang wajah yang di bagian atas yang berwarna emas merepresentasikan masa depan.

expo4

Satu wajah berwarna hitam di bagian belakang memiliki makna masa lalu. Serta yang terakhir ada lagi satu wajah terletak di lantai bawah namun tidak dapat dilihat oleh pengunjung yang datang, Face of Underworld. Di dalamnya terdapat sebuah patung raksasa setinggi 40 meter dengan nama Tree of life. Ribuan miniatur hewan dan macam-macam benda unik diinstalasi keseluruh patung yang menyerupai pohon mulai dasar patung hingga kebagian atas.

Sayangnya, sudah bertahun-tahun Tower of the Sun tidak memperbolehkan pengunjung untuk masuk di dalamnya semenjak ditemukannya beberapa keretakan di bagian dalam patung, sehingga penanggung jawab Expo memutuskan untuk tidak membukanya bagi umum dengan alasan keamanan.

expo8

Tanpa diduga ternyata Indonesia juga berkontribusi di dalam Expo Osaka, bahkan disediakan paviliun khusus yang di dalamnya berisi pameran kebudayan dari seluruh penjuru indonesia. Setelah memasuki era milenium, hampir seluruh pavilun sudah dihancurkan dan hanya menyisakan beberapa bangunan asli.

expo9

Salah satunya adalah gedung serba guna yang dulu digunakan untuk pentas budaya saat Expo 70 berlangsung. Kini gedung itu disulap menjadi sebuah museum untuk mengenang momen pada saat dahulu. Expo pada tahun 1970 benar-benar menjadi sebuah refeksi dan cetakan biru untuk perkembangan teknologi Jepang di masa depan, lalu meresonansi kedalam kebudayaan pop culture jepang hingga sampai saat ini.

expo7

Kesan yang diberikan Expo 70 Osaka begitu melekat kepada anak-anak Jepang, khususnya yang lahir di era tahun 60an. Urasawa Naoki, dalam karyanya yang paling fenomenal 20th century boys terinspirasi penuh akan konsep masa depan yang diimajinasikan dalam Expo 70.

expo2

Ada beberapa hal di dunia ini yang tak lekang oleh waktu, salah satunya adalah sebuah imajinasi yang diciptakan oleh pikiran manusia, serta harapan dan cita-cita untuk mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah realita.

Expo 70 dengan sukses memberikan semangat serta mimpi yang diberikan dan masih dapat terus dirasakan hingga kini. Mesin waktunya masih berfungsi dan menunggu orang untuk datang dan membagi waktunya yang tak pernah habis di dalamnya.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.