Kota Odate Ingin Meminjam Patung Hachiko Dari Shibuya




Terletak di depan stasiun Shibuya, Patung Hachiko menjadi magnet para wisatawan

Patung Hachiko yang terletak di depan stasiun Shibuya adalah salah satu daya tarik utama para wisatawan. Tempat ini juga sering dijadikan titik temu karena letaknya yang berada ditengah kota Tokyo.

Hachiko, seekor anjing yang terkenal seantero dunia karena kisah kesetiaan kepada tuannya lahir di kota Odate, Prefektur Odata sebelum dirawat oleh Profesor Hidesaburō di Tokyo.

Pemerintah kota Odate berencana untuk ‘memulangkan’ Hachiko ke tempat kelahirannya dengan meminjam patung yang sudah berdiri di depan stasiun Shibuya selama 82 tahun tersebut.

Gagasan meminjam sementara patung Hachiko muncul karena Shibuya berencana untuk merenovasi wilayah di sekitar patung  seusai Olimpiade 2020 seperti yang kami lansir dari Japan Times hari Rabu (20/1/2016).

Walikota Odate Junji Fukuhara akan turun langsung untuk mensukseskan rencana ini. Ia akan bertemu dengan walikota Shibuya hari Jumat (22/1/2016) besok dalam pertemuan antar pejabat yang terlibat dalam melestarikan patung.

Pemerintah distrik Shibuya sendiri masih tenang dalam menanggapi rencana dari kota Odate.

Patung Hachiko yang terletak di depan stasiun Odate
Patung Hachiko yang terletak di depan stasiun Odate

“Kami memang akan merenovasi area (patung) tersebut. Kami baru akan melakukannya setelah Olimpiade 2020 selesai, dan belum memutuskan apa yang akan dilakukan dengan patung tersebut saat masa renovasi.” ujar  salah satu pejabat distrik Shibuya Kazuhiro Okuno yang bertanggung jawab atas proyek renovasi.

Meski belum memberikan jawaban atas rencana peminjaman, Okuno mengakui jika patung Hachiko adalah sebuah harta peninggalan yang berharga untuk Shibuya.

Sebenarnya di depan stasiun Odate juga terdapat sebuah patung Hachiko, namun tentunya kalah tenar dibandingkan dengan yang ada di Shibuya karena disanalah Hachiko dengan setia menunggu Profesor Hidesaburō meski majikannya telah meninggal dunia.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.