Amazons, Kebangkitan Kembali Sang Ksatria Brutal




Amazons

Kamen Rider Amazons adalah serial Tokusatsu terbaru dari Toei yang mengambil dasar dari seri klasik Kamen Rider Amazon dan merupakan bagian dari proyek Super Hero Year miliki Toei.

Seri ini ditayangkan di situs streaming khusus Jepang Amazon Prime sejak 1 April lalu dan hingga saat ini telah berjalan tiga episode. Catchphrase dari ser ini adalah “Open Your Amazon”

Cerita Kamen Rider Amazons berfokus kepada munculnya monster berkekuatan  super yang diberi nama Amazons. Mereka tersebar di seluruh dunia dan memburu manusia sebagai mangsa. Untuk mencegah perkembangannya, sebuah perusahaan bernama Nozama Pharmacy membentuk tim pemburu monster yang dinamai Nozama Peston Service.

Mereka terdiri dari para ahli yang dibekali dengan senjata berteknologi canggih dan dilatih khusus untuk memburu Amazons.  Demi mencegah keterlibatan orang-orang sipil, mereka menyembunyikan identitas dengan menyamar menjadi tim pembasmi hama.

Selain tim Nozama Peston Service, ada juga orang lain yang mengetahui keberadaan tentang para monster, yaitu seorang pemuda misterius bernama Jin yang juga ikut terlibat dalam perburuan. Ditengah perburuan monster tersebut Nozama Pharmacy justru sepertinya menyimpan rahasia besar.

Mereka diam-diam mereka merawat Haruka, seorang pemuda yang diberkahi kekuatan Amazons. Jadi apakah sebenarnya Amazons itu? Mengapa Nozama Pharmacy terlibat didalamnya? Dan apakah tujuan Jin?

amazons 2

“Kalian pikir Kamen Rider sekarang adalah hal yang menarik? Saya rasa tidak, Karenanya saya berharap dengan adanya Amazons, Kamen Rider yang sekarang sudah “ompong” bisa menunjukkan kembali Taringnya”

Kata-kata itu dilontarkan oleh Shinichirô Shirakura, selaku produser dalam acara perilisan dan jumpa pers Kamen Rider Amazons.

Memang benar, Kamen Rider di Jepang beberapa tahun terakhir dianggap kurang berkembang. Target penontonnya masih berpusat pada anak anak dan remaja sehingga orang dewasa yang masih mengikuti serial ini sering dianggap kekanak-kanakan dan membuat mereka enggan untuk terus mengikuti.

Lebih dari itu, ada banyak serial Tokusatsu lain yang menawarkan cerita dewasa seperti Garo yang diproduksi oleh studio MAPPA yang cenderung lebih dipilih oleh kebanyakan penonton dewasa.

Melihat hal itu muncul ide dari Shinichiro untuk  membuat serial baru Kamen Rider yang bisa dinikmati bahkan oleh penonton dewasa dan orang yang tidak suka Tokusatsu sekalipun. Setelah beberapa riset dan perencanaan yang matang akhirnya dirilislah Kamen Rider Amazons.

Ada dua karakter utama dari serial ini yaitu Mizusawa Haruka dan Takayama Jin. Haruka diperankan oleh Fujita Tomu, seorang model dan aktor muda dari Osaka, sementara Jin diperankan oleh Masashi Taniguchi, aktor kawakan yang dulu juga pernah berperan sebagai GoBlue dari serial Tokusatsu klasik KyuuKyuu Sentai GoGo-V.

Untuk Heroine utama ada Mizusawa Mizuki yaitu anak dari pemiliki Nozama Pharmacy dan Izumi Nanaha yang menjadi partner dari Jin.  Mizusawa Mizuki diperankan  oleh model Popteen yang tengah naik daunTakeda Rena dan Izumi Nanaha diperankan oleh Ayu Higashi yang sempat menjadi bintang tamu di serial Kamen Rider Drive.

Sementara ceritanya ditulis oleh Kobayashi Yasuko yang sudah terkenal dalam menulis skenario yang bertemakan gelap seperti  Garo, Zero : Black Blood dan Garo : Divine Flame

Para pemeran Amazons
Para pemeran Amazons

Berbeda dengan Kamen Rider The first & The Next  yang dulu berusaha untuk menceritakan kembali Universe dari serial Kamen Rider klasik dari sisi yang lebih gelap, serial Amazons justru tidak ada kaitannya dengan Kamen Rider Amazon.

Dahulu Kamen Rider Amazon terkenal dengan tema persahabatannya yang erat sehingga meski mengandun beberapa unsur kekerasaan ceritanya relatif hangat, tetapi Amazons hadir dengan konsep yang baru dengan nuansa gelap, lebih sadis, penuh adegan gore dan memiliki cerita yang lebih kompleks dan tentu saja tidak ditujukkan untuk anak-anak.

Jadi jangan harap bisa menemukan adegan pertarungan yang flashy, efek CGI yang berwarna-warni dan jagoan keren penuh semangat dengan pose berubah yang eksentrik di serial ini.

Trivia

  • Seri Kamen Rider Amazon kemungkinan besar dipilih sebagai basis dari cerita Amazons karena proyek reboot Kamen Rider The Next pada tahun 2008 berhenti pada cerita V3 dan Kamen Rider Amazon adalah seri lanjutan setelah Kamen Rider V3, meskipun dalam serial ini tidak ada keterkaitan sama sekali dengan serial sebelumnya.
  • Nama Amazons dipilih karena akan ada dua Kamen Rider Amazon yang muncul di seri ini.
  • Musuh pertama yang muncul di Kamen Rider Amazons adalah monster Amazon Laba-Laba dan Amazon Kelelawar, hal ini merupakan sebuah homage terhadap musuh yang paling pertama dihadapi oleh Kamen Rider Ichigo yaitu Spider-man dan Bat-man.
  • Alasan kenapa Toei memilih untuk merilis Kamen Rider Amazons sebagai acara berbasis streaming sendiri adalah untuk menghindari pengsensoran atau pemotongan konten yang mungkin tejradi bila ditayangkan ditelevisi, selain itu hal tersebut juga dilakukan untuk menegaskan bahwa seri ini berada di dalam universe yang berbeda dengan serial Kamen Rider yang sedang berjalan di TV.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.