Jepang mulai uji coba pengiriman paket lewat drone di Chiba




Ujicoba pengiriman barang dengan drone di Chiba

Pemerintah Jepang bersama gabungan perusahaan swasta berhasil melangsungkan uji coba pengiriman makanan lewat drone pada hari senin (11/4) kemarin. Drone tersebut terbang mengirimkan makanan melewati apartemen dan taman di daerah Chiba, Tokyo.

Proyek ini melibatkan gabungan dari Pemerintah Jepang, Pemerintah kota Chiba dan aliansi perusahaan Jepang seperti Rakuten Inc. Uji coba ini merupakan yang pertama kali dilakukan di wilayah padat penduduk.

Pada tahap selanjutnya, drone akan di ujicoba untuk mengambil paket dalam sebuah gudang di Teluk Tokyo dan mengirimnya ke Mihama Ward di Chiba, sejauh 10 Kilometer.

Pemerintah Kota chiba menargetkan pengiriman paket drone komersial akan terjadi tahun 2020. saat Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade.

Uji coba ini ditujukan untuk menyempurnakan teknologi drone agar tetap dapat mengirim paket dalam cuaca buruk serta membangun sistem Traffic control bagi lalu lintas Drone di udara

namun uji coba ini harus mendapatkan ijin khusus dari Pemerintah Jepang mengingat hukum penerbangan Jepang yang direvisi pada desember tahun lalu melarang drone terbang di wilayah padat penduduk akibat dari kasus drone bermuatan radioaktif yang ditemukan diatas kediaman Perdana menteri Jepang pada april 2015 lalu.

Sumber: AsiaNikkei

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.