Jepang Akan Gelontorkan 1.4 Triliun Untuk Bangun Pulau Buatan




Setelah berebut dengan China, Jepang akhirnya kembali membangun pulau kecil di Samudra Pasifik. Pulau tersebut diperluas dari awalnya sebuah atol, berbekal biaya USD 107 juta (setara Rp 1,4 triliun).

Koran South China Morning Post mengatakan rencana pembangunan struktur buatan di atol tersebut mencapai 30 meter persegi.

Pulau bernama Okinotorishima ini berada sekitar 100 mil dari selatan Tokyo, tepatnya di Laut Filipina. Okinotorishima sebenarnya merupakan pulau kecil kaya terumbu karang dan beberapa tanggul buatan, seperti dilaporkan harian Merdeka.

Pulau ini berada di ujung Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), jauh di dalam Samudera Pasifik. Dengan dana triliunan, Jepang bakal membuat dermaga dalam air dan sebuah mercusuar. Jalanan pulau itu nantinya akan dibangun dari karang alami.

Jepang merupakan negara terakhir yang ikut mengklaim teritorial maritim Asia. Klaim tersebut makin meningkatkan ketegangan yang ada di kawasan.

Sementara itu, China, yang merupakan rival Jepang memperburuk keadaan dengan membuat Pulau Spratly. Pulau buatan China ini dibangun di kawasan Laut China Selatan yang diklaim milik Vietnam, Filipina, dan Brunei Darussalam.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.