Ingin Belajar di Jepang? Ketahui Dulu Hal-Hal Berikut!




Universitas Kyoto

Seorang penggemar besar dari kebudayaan atau produk-produk Jepang? Ingin bersekolah di Jepang? Keinginan anda untuk melanjutkan sekolah di Jepang pun menjadi sangat rasional seiring dengan kemajuan yang diperlihatkan negara tersebut.

Tidak hanya sekadar menawarkan produk-produk yang dicintai khalayak ramai, Jepang juga menyediakan sejumlah pilihan universitas ternama yang dikenal sebagai salah satu universitas terbaik di Asia.

Pihak pemerintah tengah menggencarkan usaha untuk menarik lebih banyak lagi pelajar internasional. Mereka menetapkan target 300.000 pelajar asing pada tahun 2020. Terhitung pada tahun 2003, Jepang telah memiliki 100.000 pelajar asing.

Dengan penetapan target tersebut, pemerintah pun menggencarkan beberapa program yang memudahkan untuk para pelajar asing, termasuk proses pendaftaran hingga mencari pekerjaan pasca lulus.

Baca Juga
7 Universitas Nasional Paling Bergengsi di Jepang
Sistem Pendidikan Yang Teratur Menjadi Rahasia Dibalik Kecerdasan Negeri Sakura
Universitas Waseda Membidik Mahasiswa Asal Indonesia
Pemerintah Jepang Tawarkan Beasiswa S2 dan S3

Salah satu hal yang semakin mempermudah akses pelajar asing adalah penyediaan program berbahasa Inggris. Dengan demikian para pelajar asing tidak perlu memutar otak untuk menghabiskan waktunya belajar Bahasa Jepang sebelum bisa memasuki universitas. Proses belajar Bahasa Jepang dapat dilakukan seiringan dengan proses perkuliahan berjalan.

Skema lainnya yang ditawarkan adalah dengan penyediaan staf khusus untuk pelajar asing, penyediaan dua periode yakni pada September dan April untuk memulai perkuliahan, rekrutmen tenaga pengajar asing, serta program pertukaran dengan universitas di luar Jepang.

Menyadari akan biaya hidup dan belajar di Jepang yang cukup mahal dibandingkan negara lainnya, pihak pemerintahan pun menyediakan sejumlah pilihan bantuan finansial untuk pelajar asing.

Bahkan sejumlah beasiswa dari pihak universitas dan pemerintah pun tersedia, seperti beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Sains, dan Teknologi (MEXT) dan Japan Student Service Organization (JASSO).

Jepang memiliki lebih kurang 780 universitas dan 80 persen diantara adalah universitas swasta. Terdapat pula sekolah spesialisasi yang untuk keahlian khusus.

Pada periode tahun 2013/2014 dalam QS World University Rankings, tiga universitas di Jepang menempati 100 besar universitas dunia. Ketiganya adalah Univeritas Tokyo (peringkat 32), Universitas Kyoto (peringkat 35), dan Universitas Osaka (peringkat 55).

Universitas Tokyo atau yang lebih dikenal sebagai Tokyo dikenal sebagai universitas nomor satu untuk jurusan-jurusan seni dan humaniora serta berbagai area lainnya. Pada periode tahun 2014/2015, Todai merangkak naik satu peringkat ke posisi 31 di dunia. Beberapa jurusan yang menempati peringkat 10 besar di dunia adalah arsitektur, teknik kimia, kimia, bahasa modern, dan farmasi.

Sementara itu, Universitas Kyoto juga dikenal dengan berbagai program unggulannya. Sejumlah jurusan bahkan menempati 50 besar dunia, seperti sains biologi, teknik kimia, teknik sipil, sejarah, arkeologi, bahasa modern, fisika, dan astronomi.

Sumber dan Foto: TopUniversities

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.