Hari Pertama Masuk Sekolah, Pelajar di Jepang Diwajibkan Berjalan Kaki




Jalan kaki menjadi salah satu tradisi anak sekolah di jepang

Berbeda dengan di Indonesia, tahun ajaran baru untuk tingkat SD, SMP, SMA, sampai Universitas di Jepang dimulai pada bulan April bersamaan dengan datangnya musim semi.

Menurut Andreas Hermawan, orang Indonesia yang tinggal di Jepang, di Jepang untuk awal sekolah anak-anak juga diantar ke sekolah oleh orangtua. “Tapi hanya anak-anak kelas 1 yang diantar sekolah, dan itu pun beda hari dengan kelas-kelas atasnya. Dan itu sudah berlaku sejak lama,” ujar Andreas.

Baca Juga
Mengenal Seragam Sekolah Jepang dari Masa ke Masa
Fakta Unik dan Menarik Tentang Sekolah di Jepang
Sekolah Musik ini Jadi Idaman Para Wanita Tercantik dan Terbaik di Jepang
Sekolah Tertua di Jepang Diharapkan Jadi Warisan Budaya Dunia

Saat hari pertama tahun ajaran baru, anak-anak, orang tua dan para pengajar berkumpul di hgedung olahraga melakukan Nyugaku Shiki atau upacara masuk sekolah. Untuk hari pertama, anak-anak juga tidak dibebani pelajaran. . Mereka bisa kembali ke rumah bersama orangtua.

“Setelah seremoni orangtua ikut ngumpul bersama anak di kelas. Ada pertemuan dengan wali kelas, nanti dijelaskan program belajar dan lain-lain,” lanjutnya.

Selain itu, siswa/i yang baru masuk di ajaran baru tidak diperbolehkan datang menggunakan mobil ke sekolah. Mereka diwajibkan berjalan kaki dengan teman-teman lainnya yang rumahnya berdekatan.

“Setelah seremoni orangtua ikut ngumpul bersama anak di kelas. Ada pertemuan dengan wali kelas, nanti dijelaskan program belajar dan lain-lain,” lanjutnya.

“Mereka berangkat ke sekolah jalan kaki, dengan rute yang sudah ditentukan. Di sepanjang rute akan ada sukarelawan yang mengawasi serta membantu anak-anak, biasanya kakek-kakek yang sudah pensiun, beri salam, dan membantu kayak nyeberang. Hanya anak-anak berkebutuhan khusus saja semacam autis, dan kelas lain di sekolah luar biasa yang boleh datang bersama orangtua,”

Tradisi ini sudah berlangsung sejak lama di Jepang, dan masih dijaga hingga sekarang.

Sumber: Liputan 6

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.