Gempa Kembali Guncang Kumamoto, 30 Kali Lebih Besar




Gempa kembali mengguncang Kyushu pada dini hari tadi pukul 1:25 waktu setempat. Gempa besar 7.1 Skala Richter dengan kedalaman 12 kilometer yang berpusat di Prefektur Kumamoto turut mengguncang wilayah sekitarnya pula.

Sejauh ini tercatat 11 orang meninggal dan sejumlah gedung rusak akibat gempa tersebut. Menurut Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga, gempa kali ini turut mengakibatkan kerusakan parah di berbagai wilayah di Kyushu.

Hingga saat ini pun tercatat sudah 23 kasus orang yang tertimbun reruntuhan. Selain itu, TV Asahi melaporkan bahwa 192.600 rumah di Kyushu mati listrik.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Jepang, sebanyak 7.262 orang telah dievakuasi ke sebanyak 375 pusat evakuasi sejak hari Jumat di Prefektur Kumamoto.

Badan Metereologi Jepang sempat mengeluarkan peringatan Tsunami untuk daerah pesisir Jepang, terutama di Laut Ariake dan Yatsushiro pada pukul 2:00. Peringatan untuk tsunami dikeluarkan jika tsunami diprediksi setinggi 0,2 sampai 1 meter.

Namun, tak lama setelah itu seluruh peringatan tsunami dicabut.

Victor Sardina, seorang ahli geofisika di Honolulu, Hawaii, mengatakan bahwa gempa bumi kali in 30 kali lebih kuat dibandingkan yang terjadi pada Kamis kemarin.

Kedalaman pusat gempa yang relatif dangkal, yakni sekitar 12 kilometer, serta guncangan yang terjadi di wilayah padat penduduk membuat gempa ini memiliki efek yang besar.

Perdana Menteri Shinzo Abe telah dijadwalkan untuk mengunjungi Prefektur Kumamoto pada hari ini (16/4) setelah sebelumnya mengadakan pertemuan tanggap darurat di Tokyo.

Sebelum terjadinya gempa yang lebih besar, Shinzo Abe mengungkapkan bahwa ia akan memobilisasi 3.000 anggota Pasukan Bela Diri, polisi, dan pemadam kebakaran untuk bergabung dalam upaya penyelamatan.

 

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.