Deretan Masjid Indah yang Ada di Jepang




Meski umat Muslim masih menjadi minoritas, Jepang memiliki banyak Masjid yang indah

Jumlah umat muslim di Jepang memang masih menjadi minoritas, namun dari data menunjukan jika ada peningkatan setiap tahunnya.

Sekarang ini, para wisatawan asing dari negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam pun kian membanjiri Negeri Sakura. Hal ini membuat pemerintah Jepang mulai berbenah untuk memberikan fasilitas dan menyediakan makanan halal untuk mereka.

Meski masih menjadi minoritas, Masjid di Jepang terbilang cukup banyak. Beberapa pun menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi bukan hanya untuk umat muslim, tetapi untuk para pelancong non-Muslim.

Beberapa Masjid di Jepang pun pernah kami kunjungi, dan selalu menyenangkan untuk berkumpul bersama umat Muslim lainnya meski berbeda negara, dan juga bahasa.

Baca Juga
Masjid Terbesar di Jepang Ramah Kepada non-Muslim
Homogen dalam Heterogen, Berbuka Puasa di Masjid Fukuoka
Berbuka Puasa di Tokyo Camii
4 Restoran Halal di Nagoya

Berikut kami hadirkan deretan Masjid yang ada di Jepang dan bisa menjadi salah satu tempat yang bisa dikunjungi jika berwisata ke Jepang.

1. Masjid Kobe

Ini adalah masjid pertama di Jepang. Dibangun pada tahun 1935 melalui donasi dari Komite Islam Kobe (Islamic Committee of Kobe). Donasi dimulai di tahun 1928, dan membutuhkan 7 tahun untuk membangun masjib ini.

Masjid ini juga terbuka untuk non-Muslim, tetapi jika datang bersama rombongan, diharuskan untuk melakukan  reservasi terlebih dahulu.

Saat berkunjung, juga diharuskan mengenakan pakaian yang pantas dan sopan serta tidak menunjukkan kulit atau memakai celana pendek dan rok pendek karena hal tersebut dilarang.

Para pengunjung juga dapat bergabung dengan sesi belajar yang disediakan di sini. Melalui sesi belajar ini, Anda dapat belajar lebih tentang Islam.

2. Tokyo Camii dan Turkish Culture Center

Ini adalah masjid terbesar di Jepang yang terletak di Yoyogi Uehara. Struktur arsitektur dari Tokyo Camii mirip dengan Blue Mosque di Istanbul. Di sini Anda akan menemukan banyak kegiatan amal. Non-Muslim juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan di masjid ini.

Arsitekturnya mirip dengan Masjid Biru yang tersohor di Istambul dan material dari Masjid Camii memang didatangkan langsung dari Turki.

Sekitar seratus pengrajin Turki bekerja selama satu tahun untuk membangun lantai dua Masjid dan pusat budaya yang terletak di lantai bawah. Bangunan ini adalah sebuah karya seni yang mempunyai pesona luar biasa sebagai tempat suci.

3. Masjid Nagoya

Masjid Nagoya terletak di Honjindori, Nakamura-ku, Nagoya. Dapat diakses menggunakan kereta dan bisa dengan subway melalui Higashiyama Line menuju stasiun Honjin lalu berjalan kaki sekitar empat menit.

 

Masjid ini mempunyai empat lantai. Lantai pertama adalah kantor, lantai dua adalah tempat beribadah untuk wanita, lantai tiga untuk pria dan lantai 4 juga tempat beribadah untuk pria dan juga untuk belajar.

Seperti masjid lainnya, non-Muslim sangat diizinkan untuk berkunjung ke dalamnya, namun, untuk rombongan tetap harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

4. Masjid-Mie Islamic Culture Center

Masjid ini terletak di Kurimamachiya Tsu-shi di Prefektur Mie. Masjid ini diresmikan pada Agustus 2008. Ada banyak aktifitas keagamaan di sini seperti, Shalat Tarawih dan buka bersama selama bulan Ramadhan, pengumpulan zakat, dan juga terbuka untuk pesta perpisahan.

 

5. Masjid Gifu

Ini adalah masjid pertama di Gifu. Untuk mengunjunginnya bisa dengan menggunakan bus untuk Gifu Daigaku dari Stasiun Gifu dan turun di Gidai Guchi.

Masjid ini mempunyai dua lantai dan juga mengadakan banyak kegiatan keagamaan. Masjid ini menjadi pusat agama Islam di Gifu.

 

6. Masjid Al-Noor Hokkaido

Dikenal juga sebagai Masjid Al-Noor, masjid ini dibangun pada bulan Juni 2008 dan selesai pada Februari 2009. Karena terletak di Otaru-shi, orang-orang menyebut masjid ini dengan sebutan Masjid Otaru.

Masjid ini juga terbuka untuknon-Muslim, namun harus menaati peraturan yang ada dari masjid. Semua orang diizinkan untuk datang dan masuk kecuali orang yang sedang mabuk.

Komunitas Muslim dari masjid ini juga menyediakan makanan halal untuk turis Muslim dan juga untuk mereka yang tertarik. Semua penghasilan dari penjualan akan digunakan untuk kegiatan di masjid.

7. Masjid Central Osaka

Terletak di pusat yang dibangun di tahun 2010. Masjid ini mempunyai empat lantai. Di lantai satu terdapat toko makanan halal, area wudhu dan juga toilet untuk laki-laki. Di lantai dua, ada ruang beribadah untuk pria dan wanita, dan juga area wudhu dan toilet untuk wanita.

Ada madrasah (ruang belajar) di lantai tiga dan di lantai empat, ada tempat tinggal untuk imam, dapur dan ruang makan.

Pengunjung juga bisa memesan makanan halal melalui email dan untuk pembelian di atas 10.000 yen, tidak akan dikenakan ongkos kirim.

8. Masjid Asakusa

Nama lain dari masjid ini adalah masjid Darul Arqam. Aksesnya pun terbilang mudah, bisa menggunakan kereta. Hanya 15 menit berjalan dari stasiun Asakusa. Masjid ini dibangun tahun 1998 dan diurus oleh Japan Mosque Foundation (JMF).

Masjid ini memiliki lima lantai dan di lantai satu ada perpustakaan di mana pengunjung bisa menemukan banyak buku dalam berbagai bahasa.

9. Masjid Makki

Salah satu masjid yang berada di Ibukota Jepang. Masjid tersebut dibangun tahun 2001. Hanya sembilan menit dari Stasiun Ohanajaya dengan jalan kaki.

Ada juga banyak kegiatan keagamaan yang bisa diikuti disini. Ada juga kumpul-kumpul setiap Sabtu malam dan banyak kegiatan untuk kaum perempuan dan anak-anak.

10. Masjid Shin Anjo

Masjid Shin Anjo terletak di Anjo shi, Aichi-ken. Bisa diakses dengan menggunakkan kereta hanya empat menit berjalan dari stasiun Shin Anjo. Ada juga pertemuan di sini setiap Malam minggu.

 

11. Masjid Fukuoka

Ide untuk membangun masjid ini dikemukakan oleh Asosiasi Pelajar Muslim di Kyushu atau KUMSA pada tahun 1998 dan sejak saat itu dilakukan pengumpulan donasi untuk membangunnya.

Masjid ini diresmikan dan mulai dibuka pada bulan 12 April 2009. Masjid Fukuoka adalah masjid pertama di Pulau Kyushu yang menjadi rumah bagi sekitar 1.000 umat Muslim di Fukuoka.

Terbuka juga untuk non-Muslim dan akan sangat banyak kegiatan di Masjid ini saat memasuki bulan puasa. Para umat Muslim dari berbagai negara yang berada di Kyushu akan berkumpul untuk melakukan buka puasa setiap harinya.

Terletak di  Hakozaki, Higashi-ku hanya satu menit berjalan kaki dari stasiun JR Hakozaki.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.