Berkenalan dengan Shinkansen Hokkaido, si Hijau Ungu yang Menawan




Shinkansen Hokkaido

Kereta peluru pertama yang menghubungkan Pulau Hokkaido dan Pulau Honshu, Shinkansen Hokkaido, telah beroperasi sejak 26 Maret silam. Peluncuran kereta peluru ini pun dianggap sebagai salah satu momen bersejarah dan mendapatkan sambutan yang sangat meriah dari masyarakat Jepang.

Penjualan tiket perdana shinkansen ini pun laris manis, seluruh tiket terjual dalam catatan rekor waktu yang fantastis. Untuk perjalanan perdana Hokkaido Shinkansen dari Stasiun Tokyo menuju Stasiun Shin-Hakodate-Hokuto terjual habis dalam 25 detik, sementara tiket perjalanan untuk rute sebaliknya terjual habis hanya dalam 30 detik.

Kereta yang kami bicarakan di atas tak lain adalah Shinkansen seri H5. Primadona baru dunia Shinkansen ini merupakan kloning  dari seri terdahulunya, yaitu Shinkansen E5 milik JR East.

Baca Juga
Menikmati Keindahan Kota Pelabuhan Terindah di Jepang, Hakodate!
Ingin Wisata Alam? Datanglah ke Hokkaido!
Tanukikoji Shoping Street, Pusat Perbelanjaan Tertua di Sapporo
Museum Sapporo Beer, Salah Satu Situs Warisan Hokkaido

 

Shinkansen H5 terdiri dari 10 gerbong  dengan panjang total sekitar 253 meter, dan dapat mengakomodasi hingga 731 penumpang, termasuk 18 penumpang di Gran Class dan 55 penumpang di Green Car.

Sementara untuk kecepatannya, Shinkansen H5 mampu menembus kecepatan maksimum hingga 320km/jam. Namun atas dasar berbagai pertimbangan, untuk Hokkaido Shinkansen ditetapkan kecepatan maksimumnya adalah 260 km/jam dan 140 km/jam saat melewati Terowongan Seikan.

hokkaido shinkansen infografis
Infografis Shinkansen Hokkaido

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, mengapa Hokkaido Shinkansen dicat dengan warna yang begitu unik dan berbeda dari Shinkansen seri lainnya. Ternyata hal ini bukan tanpa alasan, lho. Bagian atas kereta berwarna hijau dengan sedikit nuansa tosca, sementara bagian bawah berwarna putih.

Hijau tosca dan putih dipisahkan oleh garis berwarna ungu yang membuat kereta peluru ini terlihat semakin elegan dan menawan. Garis ungu ini memiliki filosofi tersendiri, yaitu menyimbolkan bunga lilac, lupin, dan lavender yang menjadi kebanggaan masyarakat Hokkaido.

Shinkansen Hokkaido  beroperasi dengan rute Stasiun Shin-Hakodate-Hokute menuju Stasiun Tokyo dengan durasi perjalanan selama 4 jam 2 menit.

Kursi Shinkansen Hokkaido untuk Gran Class
Kursi Shinkansen Hokkaido untuk Gran Class

Mengingat Hakadote dan Hokkaido adalah disetinasi favorit dari orang Jepang untuk berlibur, adanya jalur Shinkansen ini tentu akan semakin mempermudah para pelancong yang ingin berlibur ke pulau yang terletak di ujung utara Jepang ini.

Saat ini JR Hokkaido terus mengembangkan rute Shinkansen Hokkaido hingga menuju ke Sapporo. Untuk jalur Shin-Hakodate-Hokuto menuju Sapporo direncanakan akan dibuka pada Maret 2031.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.