Bagaimana Tatakrama Ketika Makan di Jepang?




6. Jangan menggunakan sumpit sendiri ketika mengambil makanan untuk bersama

Untuk hal yang satu ini mungkin kalian sudah mengerti alasannya mengapa. Ketika melihat teman yang mengambil makanan untuk bersama-sama menggunakan sumpit bekas mulut dia, tentu akan ada perasaan ‘jijik’ dalam diri kita.

Hal ini pun tidak sopan di Jepang, karena biasanya sudah ada peralatannya sendiri untuk mengambil makanannya.

7. Pastikan kalian menghabiskan makanan yang dihidangkan

Jika kalian terbiasa menyisakan makanan yang tidak disukai di atas piring, maka jangan melakukan hal tersebut di Jepang. Kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang buruk, dan orang Jepang akan merasa sakit hati ketika melihat makanan sisa di atas piring karena ia merasa tidak dihargai atau ia akan menganggap masakan yang dibuatnya tidak enak.

8. Tahu bagaimana kegunaan kata “Itadakimasu” dan “Gochisou-sama”

Kedua kata ini wajib diucapkan ketika akan dan selesai makan di Jepang. Ucapan “Itadakimasu” memiliki arti “mari makan”, diucapkan sebelum menyantap makanan. Sementara ucapan “Gochisou-sama” memiliki arti “terima kasih atas makanannya” dan diucapkan setelah selesai makan.

9. Jika mengundang teman makan, pastikan kalian yang mengambil tagihannya

Di Jepang mungkin adalah hal yang tabu ketika kita mentraktir pacar ataupun teman, kita harus bayar masing-masing. Tetapi, jika kalian sudah berteman sangat dekat sepertinya hal tersebut justru tidak masalah.

10. Berbicara ketika mulut penuh dengan makanan adalah hal yang tidak sopan

Mungkin hal ini dianggap tidak sopan bukan hanya di Jepang saja, di Indonesia pun hal ini juga bisa jadi tidak sopan. Karena, selain kita akan tersedak karena berbicara ketika sedang mengunyah, makanan yang sedang kita makan pun bisa keluar-keluar dari mulut kita.

Selain 10 tatakrama yang sudah disebutkan, mungkin masih ada lagi hal lain yang harus diperhatikan ketika makan di Jepang.

Namun, tidak ada salahnya untuk mempelajari hal-hal yang mendasar dulu sebelum kita pergi ke Negeri Sakura tersebut.

Sumber : tsunagujapan

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.