Apakah Tokyo Banana Halal?




Tokyo Banana adalah salah satu makanan dari Jepang yang sering dibawa pulang sebagai oleh-oleh atau omiyage oleh para turis yang berkunjung Jepang, tak terkecuali wisatawan asal Indonesia.

Banyak pertanyaan pun muncul, apakah Tokyo Banana termasuk makanan halal? Makanan mengandung materi alkohol di dalamnya, namun tak ada materi babi, walaupun ada gelatinnya.

“Bahan dasar pembuatan gelatin kami berasal dari kulit sapi tak ada kaitan dengan babi,” ujar seorang eksekutif dari Tokyo Banana, Watanabe.

Ia juga mengakui jika ada bahan alkohol dalam proses pembuatannya. “Benar dalam pembuatan kue ini ada bahan alkohol pula yang digunakan,” ujarnya.

Fatwa MUI tentang Makanan dan Minuman Halal atau Haram juga menyebutkan bahwa sebuah makanan (tape) tidak tergolong khamar meskipun ada alkoholnya (baca kutipan fatwa MUI NO 4/2003 tentang Pedoman Produk Halal).

Khamar adalah zat di dalam makanan atau minuman yang bila dikonsumsi oleh orang normal (yang bukan pemabuk) maka menimbulkan efek memabukkan. Tidak semua yang memabukkan itu mengandung alkohol dan tidak semua bahan yang mengandung alkohol membuat mabuk.

Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga pernah menyatakan hal seperti ini.

“Imam Abu Hanifah berpendapat pula, kalau Nabidz itu dapat menyebabkan mabuk, maka ia haram. Tetapi kalau tidak menyebabkan mabuk, maka ia halal.”

Nabidz adalah minuman kesukaan Rasulullah SAW itu biasa disebut Nabidz atau naqi’ atau air rendaman kurma dan biasanya minuman ini menjadi sajian ketika diadakannya pesta pernikahan.

Tokyo Banana sendiri tidak ada rencana buka toko di luar Jepang, “Kami hanya menjual di dalam negeri Jepang saja,” ujarnya.

Alkohol yang dijadikan bahan baku kue Tokyo Banana jelas-jelas tidak akan membuat mabuk yang menyantap kue manis tersebut.

Meski demikian, selama belum ada sertifikat halal, pertanyaan apakah Tokyo Banana termasuk makanan halal atau tidak belum akan terjawab.

Sumber: tribun news

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.