Pulau Aogashima, Keindahan Tropis Tersembunyi dari Jepang




Pulau Aogashima

Aogashima merupakan pulau aktifitas vulkanik yang terletak sejauh 358 kilometer di sebelah selatan Tokyo. Meski terletak di perairan Filipina, pulai ini masih masuk masih termasuk daerah teritori Tokyo. Pulau Aogashima mempunyai luas 8, 75 kilometer persegi dengan populasi 170 orang pada tahun 2014, dan termasuk menjadi pulau paling terisolasi dari Izu archipelago dan juga merupakan desa terkecil di Jepang.

Aktifitas vulkanik yang terjadi pada tahun 1785 menjadikan pulau ini sebagai pulau kosong selama 500 tahun. Di pulau ini juga hanya mempunyai satu kantor pos, satu sekolah dasar, dan satu sekolah menengah. Titik tertinggi pulau ini adalah 423 meter dan dinamai Otonbu. Aktivitas vulkanik di masa lampau menjadikan pulau ini di kelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang membuat pulau ini misterius.

Baca Juga
Odaiba, Pulau Buatan Nan Indah yang Dibangun Dengan Urukan Sampah
Pulau Hashima, Pulau Hantu yang Terlupakan di Nagasaki
Pulau Okunoshima, Rumah Kelinci Menggemaskan di Jepang
Populasi Kucing di Pulau Tashirojima Lebih Banyak Daripada Penduduknya

Para pengunjung yang singgah ke pulau Aogashima dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa dari pulau ini seperti pemandangan laut yang bisa kita nikmati di ujung ujung tebing yang indah atau juga suasana perbukitan di dalam pulau yang memberikan nuansa pegunungan.

Keindahan malam di Pulau Aogashima

Salah satu pemandangan menakjubkan lainnya di pulau Aogashima adalah langit pada malam hari. Karena merupakan desa kecil, polusi cahaya pun sangat sedikit di wilayah ini yang menjadikan langit malam tidak tercemar dan menampilkan penampakan ribuan bintang di langit Aogashima.

Selain pemandangan alam luar biasa, Aogashima mempunyai suguhan lain bagi pecinta minuman berakohol. Wilayah ini memproduksi minuman alkohol lokal yang dinamakan Aochu. Minuman ini juga bisa ditemui pada izakaya yang terdapat di Tokyo. Penduduk lokal membuat Aochu dari hasil fermentasi kentang manis.

Aochu asli Aogashima

Karena akses menuju pulau ini sangatlah sulit, banyak yang menyebut Pulau Aogashima adalah keindahan yang tersembuyi. Untuk menuju ke pulau ini, pendatang harus terlebih dahulu pergi menuju Hachijojima yang terletak sejauh 70 kilometer dari Aogashima. Dari sini pengunjung dapat menggunakan akses laut maupun akses udara untuk sampai ke pulau.

Untuk menuju dermaga kapal, dibutuhkan waktu 7-8 menit dari bandara Hachijojima. Kemudian pengunjung dapat menggunakan kapal Aogashimamaru untuk menyebrang ke pulau Aogashima dan dikenakan biaya sebesar 1.300 yen.

Dermaga Aogoshima

Kapal tersebut hanya berlayar satu kali dalam sehari, dan hanya empat kali dalam seminggu. Perlu diketahui kapal tidak berlayar pada hari minggu. Kapal mulai berangkat pada pukul 7 pagi dan itu pun menyesuaikan dengan keadaan cuaca.

Para pengunjung juga bisa menggunakan jasa helikopter dari Hachijojima yang mulai beroperasi sejak tahun 1993. Helikopter ini berkapasitas 9 orang dan hanya dibutuhkan waktu 20 menit untuk sampai di Aogashima. Helikopter berangkat pada pukul 9:20 pagi. Pengunjung dikenakan biaya transportasi sebesar 11.530 yen untuk orang dewasa dan 8.070 yen untuk anak anak. Pengunjung harus berada di tempat keberangkatan 30-50 menit sebelum keberangkatan.

Terdapat 5 penginapan di pulau ini dengan tarif mulai dari 4.000 sampai 9.500 yen per orang dalam satu malam sesuai dengan fasilitas yang diberikan penginapan. Pengunjung juga dapat menginap di camping site yang sudah disediakan untuk wisatawan backpacker.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.