5 Suvenir Khas Kyoto yang Paling Populer




Kyoto merupakan salah satu destinasi wisata yang paling populer di Jepang, baik bagi turis lokal maupun turis mancanegara.

Oleh karena itu, suvenir atau oleh-oleh pun menjadi sesuatu yang tidak boleh terlewatkan apabila kita mengunjungi daerah yang  sempat menjadi  ibukota Jepang selama lebih dari 1000 tahun ini.

The Daily Japan akan menghadirkan 5 souvenir khas Kyoto yang paling populer. Apa saja? Simak di bawah ini.

Baca Juga
Sejarah Kyoto dan Pembangunannya di Era Modern
Izakaya, Bar Tradisional Tempat Orang Jepang Melepas Lelah
Kenapa Kit Kat Bisa Menjadi ‘Legenda’ di Jepang?
Higashiyama, Potret Keindahan Jepang Tempo Dulu

1Yatsuhashi (八ツ)

Yatsuhashi dapat dikatakan sebagai souvenir khas Kyoto yang paling terkenal. Yatsuhashi adalah manisan yang terbuat dari tepung beras ketan atau joshinko (上新粉) dengan taburan bubuk kayu manis di bagian luar, dan isian pasta kacang merah di bagian dalam.

Namun, saat ini sudah terdapat beragam isian yatsuhashi yang dapat kita temui,  misalnya pasta coklat dan matcha.

2. Omamori (お守り)

Kyoto terkenal sebagai wilayah yang memiiliki kuil terbanyak di Jepang. Biasanya, di kuil-kuil tersebut kita bisa membeli omamori atau jimat keberuntungan. Ada berbagai jenis jimat yang dijual, tergantung dari kuil yang dikunjungi.

Umumnya, jimat yang dijual adalah jimat kesehatan, kelahiran, pengetahuan, dan jimat cinta. Omamori ini juga tersedia dalam berbagai motif yang lucu dan menarik.

3. Manisan matcha (抹茶のお菓子)

Kota Uji di Kyoto merupakan salah satu daerah penghasil  matcha yang paling terkenal di Jepang. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila beragam varian manisan yang menggunakan bahan dasar matcha banyak dijual di wilayah ini.

Jangan lupa juga untuk mencicip ice cream matcha di Kyoto yang sangat, sangat, sangat populer!

4. Aksesoris dengan motif tradisional Jepang

Souvenir lain yang juga menjadi favorit bagi wisatawan adalah aksesoris yang menggunakan kain dengan motif tradisional khas Jepang.

Beragam jenis aksesoris dengan motif ini dapat dengan mudah dijumpai, namun salah satu yang paling terkenal adalah dompet koin atau gamaguchi. Gamaguchi tersedia dalam berbagai motif, sehingga souvenir ini sangat cocok untuk wanita.

5. Dupa aroma

Dupa aroma juga menjadi souvenir yang banyak diburu wisatawan ketika berkunjung ke Kyoto. Umumnya, dupa ini dijual dalam ukuran kecil serta memiliki berbagai jenis wangi-wangian.

Selain dalam bentuk batangan, dupa ini juga dijual dalam bentuk potongan yang dimasukkan ke dalam kantong kecil yang juga disebut dengan scented sachets.

Ada berbagai macam aroma yang tersedia, mulai dari aroma daun-daunan, bunga, hingga rempah-rempah. Jadi, jika anda memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Kyoto, sudah tahu mau membeli yang mana?

Sumber: Fun! Japan Indonesia

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.