Sekolah Korea Utara di Osaka Tingkatkan Pengamanan Pasca Peluncuran Misil




Sebuah sekolah pro Korea Utara di Jepang telah mempersiapkan diri untuk berbagai perlakuan tidak menyenangkan terhadap murid-muridnya pada hari Senin (8/2), satu hari setelah Korea Utara meluncurkan roketnya.

“Tempat ini merupakan tempat bagi anak-anak. Jangan libatkan kami,” ungkap salah satu pekerja sekolah tersebut.

Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang terletak di Distrik Higashiyodogawa, Osaka, terlihat dijaga oleh guru dan polisi. Mereka membantu menjaga para murid yang memasuki gerbang sekolah.

Salah seorang ayah dari murid sekolah tersebut mengungkapkan, “Walaupun bahaya terhadap para murid telah berkurang belakangan ini, saya tetap saja khawatir sebagai orang tua.”

Ia menambahkan bahwa terdapat perasaan campur aduk sebagai orang Korea Utara yang tinggal di Jepang terhadap aksi tes nuklir atau peluncuran misil dari Pemerintah Korea Utara.

Salah seorang guru mengatakan bahwa sebenarnya aksi Pemerintah Korea Utara merupakan upaya dari pemerintah untuk mengembangkan program luar angkasanya. Ia menolak mengatakannya sebagai peluncuran misil.

“Tak perlu ada yang kita ributkan,” ungkap guru tersebut.

Di depan kantor pusat sebuah asosiasi pro-Korea Utara yang terletak di Tokyo terlihat penjagaan ditingkatkan oleh pihak kepolisian. Asosiasi tersebut merupakan Asosiasi Umum Penduduk Korea di Jepang atau biasa dikenal sebagai Chongryon. 

Pada tahun 2002, Korea Utara mengakui telah menculik sejumlah warga negara Jepang pada tahun 1970-an dan 1980an.

Ketakutan sekolah tersebut pun cukup beralasan karena pada tahun 2006, setelah Korea Utara meluncurkan misil balistiknya, beberapa siswi digunting seragam sekolahnya yang bergaya tradisional Korea dan sekolah juga menerima telefon yang berisi ancaman pembunuhan.

Sumber: Japan Today

Foto: Google

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.