Letusan Gunung Sakurajima Munculkan Asap Hitam




Badan Metereologi Jepang mengkonfirmasi erupsi Gunung Sakurajima, Prefektur Kagoshima pada jam 7 malam waktu setempat (5 sore waktu Indonesia). Stasiun televisi NHK memperlihatkan asap hitam yang membumbung di langit.

Sejauh ini belum ada informasi korban luka. Namun Badan Meterologi Jepang telah menutup akses menuju kawasan tersebut, memperluas jarak yang tak boleh didekati dari area tersebut, yakni sekitar radius 1,2 mil.

Menurut ahli volkanologi Ishihara Kazuhiro dari Universitas Kyoto, Erupsi yang terlihat dramatik tersebut sebenarnya relatif biasa dibandingkan erupsi Sakurajima sebelumnya. Erupsi besar pun pernah terjadi di tahun lalu pada bulan September.

“Sepertinya tidak akan ada dampak serius dari letusan tersebut. Namun tentunya kita harus tetap memonitor aktivitas vulkanik,” ungkap Ishihara.

Kepulauan di Jepang berada pada Cincin Api Pasifik dan memiliki lebih dari 100 titik vulkanik. Erupsi yang terjadi pada tahun 2014 di Gunung Ontake di Jepang Pusat telah menewaskan lebih kurang 57 orang.

Sumber: The Guardian

Foto: Google

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.