Tradisi Mengusir Roh Jahat Di Jepang Jelang Tahun Baru Cina




Setiap tanggal 3 Februari, masyarakat di Jepang merayakan sebuah hari yang disebut dengan SetsubunBudaya setsubun, berasal dari Tiongkok, telah tumbuh di Jepang sejak dahulu. Suatu aktivitas untuk mengusir roh-roh jahat dan berbagai makhluk lainnya menjelang Tahun Baru Cina awalnya hanya berkembang di keluarga kekaisaran Jepang, namun lambat laun mulai menyebar di lapisan masyarakat lainnya.

Pada era modern ini, setsubun dirayakan dengan melemparkan fukumame (kacang kedelai panggang) untuk mengusir setan jahat seperti oni (raksasa) dari homes. Tradisi tersebut dilakukan pula untuk memastikan bahwa satu tahun kedepan kehidupannya akan dipenuhi oleh kemakmuran dan diberkati dengan kesehatan.

Mamemaki atau melempar kacang, dilakukan setiap setsubun pada tanggal 3 Februari, berangkat dari pemikiran bahwa makhluk yang tidak terlihat membawa penyakit dan ketidakberuntungan dalam kehidupan. Menjadi sebuah tradisi pula ketika melempar kacang untuk meneriakkan, oni wa soto, fuku wa uchi” atau “raksasa keluar, keberutungan masuk”. Walaupun terdapat berbagai variasi cari di wilayah lainnya pula.

Kebanyakan kuil di Jepang mengadakan acara mamemaki, beberapa diantaranya fokus untuk mengundang keberuntungan, sementara yang lainnya percaya bahwa mereka mengundang setan dan raksasa sebagai pembawa pesan dari Tuhan. Beberapa kuil terkenal yang mengadakan acara tersebut adalah Shinshoji yang berada di dekat Bandara Narita, Prefektur Chiba. Selain itu terdapat pula Ikegami Honmonji dan Sensoji di Tokyo. Beberapa festival terkadang juga mengundang selebriti dan atlet terkenal untuk mengundang masyarakat ramai.

Keluarga di Jepang biasanya mengadakan mamemaki di rumah dengan mendadani salah seorang anggota keluarga dengan topeng setan raksasa dan berperan sebagai setan raksasa tersebut. Biasanya kepala keluarga atau orang yang dilahirkan dengan shio yang sama dengan tahun baru Cina tahun tersebut, dikenal pula dengan toshi-otoko untuk laki-laki dan toshi-onna untuk perempuan.

Fukumame yang biasanya digunakan adalah kacang kedelai yang dulu dikenal sebagai salah satu bahan obat. Tradisi bervariasi tergantung dengan wilayahnya, beberapa wilayah meletakkan kotak kayu kecil yang diisi dengan kacang kedelai di kuil keluarga sebagai bentuk persembahan kepada dewa dalam rumah tangga yang telah membantu mengusir roh-roh jahat.

Setelah melempar kacang untuk mengusir roh jahat, menjadi sebuah tradisi bagi setiap anggota keluarga untuk mengumpulkan dan memakan fukumame sejumlah lebih dari satu tahun umurnya untuk memastikan kesehatan dalam setahun kedepan. Sejumlah orang telah menggunakan kacang tanpa kulit untuk menggantikan kacang kedelai karena lebih mudah dibersihkan dan dapat dimakan walaupun telah jatuh ke tanah.

Kantong fukumame dan topeng kertas oni mulai terlihat di supermarket dan konbini sejak pertengahan Januari. Anak-anak di TK dan tempat penitipan mulai membuat topeng oni sebagai tugas prakarya yang kemudian mereka gunakan untuk mamemaki di rumah ataupun sekolah.

Bersamaan dengan tradisi melempar kacang, di banyak wilayah terdapat pula tradisi mengusir oni dengan meletakkan kepala sarden kering di ranting hiragi berduri di depan rumah. Sebuah kombinasi yang dipercaya tak dapat dilawan oleh roh jahat dan makhluk supernatural lainnya.

Seiringan dengan setsubun, berbagai sushi gulung atau yang dikenal dengan ehomaki juga banyak diperjualbelikan. Dalam tradisi setsubun, mereka yang merayakannya diminta untuk memakan seluruh gulungan dalam satu lahapan pada malam setsubun sambil menghadap arah ordinal yang dianggap paling menguntungkan untuk tahun ini. Selain itu, sushi gulung harus dikonsumsi dalam diam, mata tertutup, dan sambil merenungkan harapan untuk setahun kedepan.

Tradisi memakan sushi gulung dalam satu lahapan sambil menghadap eho atau arah keberuntungan merupakan tradisi yang berasal dari wilayah Kansai. Tradisi tersebut diyakini dapat menjaga hubungan dengan energi menguntungkan dari Tuhan. Konbini mulai mempromosikan tradisi tersebut ke seluruh penjuru negeri pada akhir tahun 1990-an dengan kampanye pesanan spesial ehomaki.

Sumber dan Foto: Nippon

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.