Rating Penonton Kian Menurun, Kouhaku Uta Gassen Tak Lagi Jadi Primadona




Kouhaku Uta Gasen kerap menimbulkan kontroversi karena dianggap hanya sebagai acara hura-hura semata

Festival musik Malam Tahun Baru “Kouhaku” oleh stasiun televisi NHK mengalami penurunan rating penontonnya hingga angka 39.2%. Angka tersebu merupakan angka terendah dalam sejarah acara Kouhaku sepanjang 65 tahun belakangan ini.

“Kouhaku gagal menarik penonton yang belum pernah menyaksikan acara tersebut,” ungkap Takashi Usui, analis industri musik kepada Japan Today.

Pada masa-masa kejayaannya, Kouhaku yang selalu mengundang jajaran penyanyi kenamaan pernah mencapai rating penonton 81,4% pada tahun 1963.

Rating tersebut dipublikasikan oleh Video Research Ltd sebagai perusahaan penelitian rating penonton. Pihak Video Research mengumpulkan hasil dari berbagai wilayah Kanto yang berpusat di Tokyo.

“Kebanyakan artis populer di kalangan muda justru tampil di awal acara dan acara penutup relatif mengambil opsi aman dengan lagu-lagu hits di masa silam. Tidak terdapat kejutan baru yang biasanya menjadi karakteristik dari program acara live,” ujar Takashi.

Acara “Kouhaku Uta Gassen” sejak tahun 1989 telah membagi para penampil ke dalam dua kelompok, Merah dan Putih. Hasil akhir dari kompetisi antar kedua kelompok biasanya menjadi barometer utama yang meningkatkan popularitas acara tersebut.

Namun, pada kenyataannya Kouhaku mengalami penurunan rating sebesar 3% dari tahun lalu.

“Para anak muda berpikira bahwa program Kouhaku tidaklah keren. Citra ini yang justru populer di kalangan anak muda. Program Kouhaku dapat meningkatkan popularitasnya dengan mengubah ide kreatif produksinya dan lebih bijaksana dalam menentukan urutan penyanyi,” ungkap Takashi.

Pada tahun 1951, Kouhaku dimulai sebagai program radio. Program tersebut menempatkan penyanyi perempuan di kelompok merah sementara penyanyi laki-laki di kelompok putih. Pada akhir program, para juri dan penonton dapat menentukan kelompok mana yang lebih unggul dalam segi penampilan.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.