Menari dalam Lautan Bunga di Yamagata Hanagasa Matsuri




Hanagasa adalah topi tradisional yang terbuat dari bambu dan dihiasi bunga-bunga kertas berwarna merah cerah. Sekitar 10.000 penari yang terbagi dalam 100 grup berpartisipasi dalam festival ini. Saat festival berlangsung, para penari mengenakan kostum sambil membawa hanagasa yang diiringi oleh tabuhan drum taiko. Festival berlangsung di sepanjang jalan utama kota Yamagata.

Hanagasa: Topi bambu berhiaskan bunga kertas berwarna merah cerah
Hanagasa: Topi bambu berhiaskan bunga kertas berwarna merah cerah

Seruan “Yassho! Makkasho!” yang terdengar di sepanjang tarian yang sangat serasi dengan suara tabuhan drum taiko semakin menambah semarak dan keceriaan suasana festival.

Ada momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh penonton dalam festival ini. Menjelang garis finish, penonton diberi kesempatan untuk tenggelam dalam keriaan festival dengan ikut menari dengan rombongan penari di barisan paling belakang. Seru ya!

Rangkaian Yamagata Hanagasa Matsuri diselenggarakan saat musim panas, tepatnya pada bulan Agustus. Tahun ini, Yamagata Hanagasa Matsuri diadakan pada tanggal 5-7 Agustus 2016.

Keindahan tarian dalam Yamagata Hanagasa Festival
Keindahan tarian dalam Yamagata Hanagasa Matsuri

Yamagata Hanagasa Matsuri pertama kali diselenggarakan pada tahun 1964. Meskipun terbilang baru, namun festival ini telah menarik kurang lebih 1 juta orang pengunjung setiap tahunnya. Oleh karena itu, tidak heran festival ini disebut sebagai salah satu festival terbesar di wilayah Tohoku selain Aomori Nebuta Matsuri (Aomori), Sendai Tanabata Matsuri (Miyagi), dan Akita Kanto Matsuri (Akita).

Untuk menyaksikan festival ini penonton tidak dipungut biaya. Akses menuju lokasi festival pun tergolong mudah, yaitu cukup berjalan kaki 10 menit dari JR Yamagata Station.

Foto: google.com

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.