Yama no Hi: Hari Libur Untuk Orang Jepang Mengakrabkan Diri dengan Pengunungan




Yama no Hi dirayakan pada tanggal 11 Agustus

Pada tahun 2014 lalu, Parlemen Jepang baru saja mengesahkan hari libur baru di Jepang. Pengesahan hari libur baru ini menambah deretan hari libur nasional Jepang menjadi 16 hari libur dalam satu tahun.

Hari libur baru ini disebut Yama No Hi (Hari Gunung). Sesuai dengan namanya, hari libur ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat Jepang untuk dapat mengakrabkan diri dengan pengunungan dan mensyukuri nikmat yang berasal dari pegunungan.

Baca Juga
Umi no Hi: Bentuk Ungkapan Terima Kasih Jepang Terhadap Laut
Mamachari: Sepeda Untuk Kaum Ibu di Jepang yang Mendunia
Randoseru, Tas Hitam Kotak Kebanggaan Anak SD di Jepang
Neko no Hi: Perayaan Tahunan yang Selalu Dinanti Para Pecinta Kucing

Yama No Hi nantinya akan dirayakan setiap tanggal 11 Agustus, dan tahun 2016 ini akan menjadi tahun pertama perayaan Yama No Hi.

Jika dilihat dari topografinya hampir seluruh wilayah Jepang memang dihiasi oleh pegunungan, karena itu banyak masyarakat dan kelompok pecinta gunung yang menginginkan hari libur khusus untuk mengakrabkan diri dengan alam pegunungan.

Gunung Fuji dipastikan akan ramai saat Yama no Hi
Gunung Fuji dipastikan akan ramai saat Yama no Hi

Di bulan Juli lalu ada barang khusus yang dirilis untuk merayakan Yama No Hi pertama tahun ini, yaitu Cup Noodle Cooker. Yang membuat Cup Noodle Cooker ini berbeda adalah gagangnya yang berwana hijau.

Noodle Cooker spesial untuk merayakan Yama no Hi tahun ini
Noodle Cooker spesial untuk merayakan Yama no Hi tahun ini

Warna hijau pada handle nya bermakna hijau nya gunung pada musim panas, sama seperti Yama No Hi yang jatuh pada musim panas.

Dengan Cup Noodle Cooker ini masyarakat Jepang dapat merayakan Yama No Hi di puncak gunung sambil menikmati mi instan hangat.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.