Wilayah Jepang Barat Juga Berpotensi dihantam Gempa




Kondisi rumah-rumah di Kumamoto yang hancur akibat gempa

Gempa dengan kekuatan besar yang mengguncang Kumamoto akhir pekan lalu membuat para ahli melakukan penelitian lebih dalam dan mengingatkan akan kemungkinan gempa di daerah lain.

“Gempa akan muncul pula di daerah lain di Jepang barat terutama di daerah patahan Nankai,” papar Takashi Komura, Professor University of Tokyo Earthquake Research Institute, Minggu (17/4/2016).

Menurutnya Nankai memang cukup berbahaya dan berpotensi diguncang gempa. Oleh karena itu pembangunan rumah sebaiknya harus sesuai dengan ketentuan bangunan anti-gempa agar meminimalisir kerusakan yang terjadi jika diguncang gempa.

“Gempa besar ini memang sangat kuat, terlihat dari rekahan tanah sampai 80 sentimeter di beberapa tempat dan kehancuran bangunan yang ada,” tambah dia usai memeriksa sejumlah kehancuran di Kumamoto.

Analisa yang dilakukan Takashi usai melihat retakan tanah dan kehancuran di Kumamoto memunculkan kemungkinan wilayah Jepang Barat bisa terkena gempa susulan hingga 7SR dalam waktu tidak lama lagi.

Ia pun mengharapkan masyarakat disana untuk berwasapa dan bersiap siaga jika nantinya akan terjadi gempa.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.