Panduan Mengurus Bebas Visa ke Jepang




Pemegang e-paspor bisa mendapatkan bebas visa ke Jepang dengan waiver

Sebagai negara tujuan wisata utama di Asia, Jepang terus berbenah untuk menarik minat para wisatawan asing. Bukan hanya kota-kota atau tempat wisata yang semakin dipercantik dan fasilitas umum yang terus ditingkatkan, tapi syarat-syarat yang diperlukan oleh para turis pun semakin di permudah.

Sudah lebih dari setahun, di Indonesia diberlakukan bebas visa untuk para pemegang e-passport yang memudahkan para pemegang tipe paspor ini untuk tidak perlu lagi mengurus visa, hanya cukup mendaftar di kedutaan Jepang untuk mendapatkan sebuah “stiker sakti.”

Program dinas pariwisata Jepang yang menargetkan 20 juta wisatawan pertahun di tahun 2020 mendatang atau saat ibukota Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade membuat mereka rajin melakukan promosi dan lobi kepada negara-negara yang dinilai berpotensi mengirimkan warganya sebagai sumber devisa untuk Jepang sebagai wisatawan.

Baca Juga
Tips Mendapatkan Visa ke Jepang
Menghitung Biaya Harian Wisata ke Tokyo
Info Public Wi-Fi dan Koneksi Internet di Tokyo
Couchsurfing: Bertemu Teman Baru Sambil Menekan Pengeluaran

Kerjasama pariwisata antara Jepang dan Indonesia, membuat akses wisatawan Indonesia yang ingin berkunjung ke Jepang semakin mudah lewat penggunaan visa waiver.

Apa itu Vvsa waiver? Ini merupakan izin khusus bagi WNI yang memiliki e-paspor untuk berwisata ke Jepang, tanpa harus direpotkan seperti mengurus visa biasa.

Visa ini berlaku selama tiga tahun, dan pemilik visa ini bisa berkunjung ke Jepang berkali-kali selama masa berlaku, dengan jangka waktu maksimal 15 hari dari tiap kunjungan.

Formulir untuk mendapatkan waiver

Untuk memperoleh visa waiver prosesnya tidak rumit, hanya perlu mendaftarkan diri di Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia pada bagian visa/ konsuler.

Saat mendaftar diharuskan membawa e-paspor asli serta form pendaftaran visa waiver yang dapat diunduh di www.id.emb-japan.go.jp. Hanya dalam jangka waktu dua hari dan tanpa biaya sepeser pun, Anda sudah bisa mendapatkan visa waiver.

  • Masa berlaku visa waiver adalah 3 tahun untuk kunjungan 15 hari. Jadi, selama 3 tahun, Anda bisa berkali-kali mengunjungi negeri Sakura tersebut namun tidak diperbolehkan lebih dari 15 hari. Jika merasa kurang lama, solusinya coba pergi ke luar Jepang dulu, nanti balik lagi.
  • Masa berlaku 3 tahun juga disesuaikan dengan masa berlaku e-passport kalian. Maksutnya, jika masa berlaku e-passport habis, maka visa waiver juga akan otomatis habis meski misalnya masih tersisa 1 atau 2 tahun.
  • Tidak dibebankan biaya untuk visa waiver alias GRATIS!
Stiker visa waiver akan ditempel di paspor jika permohonan bebas visa diterima

Lantas, dimana saja lokasi kedutaan Jepang? Simak daftarnya di bawah ini:

Bagian konsuler Kedutaan Besar Jepang di Jakarta
Jalan MH Thamrin Nomor 24, Jakarta 10350, Indonesia
Telepon: (021) 3192-4308
Faksimile: (021) 315-7156

Kantor Kedutaan Besar Jepang di Jakarta untuk melayani warga negara Indonesia (WNI) dari Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Lampung.

Kantor konsuler Jepang di Makassar
Gedung Wisma Kalla Lantai 7
Jalan dr Sam Ratulangi Nomor 8-10, Makassar, Indonesia
Telepon: (0411) 871-030
Faksimile: (0411) 853-946
Situs internet: www.surabaya.id.emb-japan.go.jp/makassar

Kantor konsuler Jepang di Makassar untuk melayani WNI dari Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua (Irian Jaya), dan Papua Barat.

Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya
Jalan Sumatera Nomor 93, Surabaya, Indonesia
Telepon: (031) 503-0008
Faksimile: (031) 503-0037, 502-3007 (visa)
Situs internet: www.surabaya.id.emb-japan.go.jp

Kantor konsuler Jepang di Surabaya untuk melayani WNI dari Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan.

Konsulat Jenderal Jepang di Denpasar
Jalan Raya Puputan Nomor 170, Renon, Denpasar, Bali, Indonesia
Telepon: (0361) 227-628
Faksimile: (0361) 265-066
Situs internet: www.denpasar.id.emb-japan.go.jp

Kantor konsuler Jepang di Bali untuk melayani WNI dari Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Konsulat Jenderal Jepang di Medan
Sinar Mas Land Plaza (Wisma BII), lantai 5
Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 18, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Telepon: (061) 457-5193
Faksimile: (061) 457-4560
Situs internet:  www.medan.id.emb-japan.go.jp

Jika kalian sering membaca artikel-artikel di The Daily Japan tentang pengalaman berwisata di Jepang ataupun keindahan wilayah-wilayah di Jepang, sekarang bukan lagi saatnya hanya membaca, sudah waktunya untuk merasakan langsung keindahan Jepang yang bisa kami jamin tidak akan membuat bosan dan selalu bikin kangen!

Saatnya untuk menabung dan berlibur ke negara paling indah di Asia ini!

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.