Untuk Pertama Kalinya Pekerja Asing Di Jepang Lampaui Satu Juta Orang




Menurut catatan Kementerian Tenaga Kerja Jepang, mayoritas tenaga kerja asing datang dari negara-negara seperti China dan Vietnam. Angka tenaga kerja asing tersebut naik hampir 20 persen dari tahun sebelumnya.

Angka-angka menunjukkan Jepang semakin beralih ke pekerja dari luar negeri untuk mengisi pos kekurangan tenaga kerja meskipun adanya keengganan untuk menerima orang asing.

Jepang sedang menghadapi krisis terburuk tenaga kerja sejak tahun 1991 di tengah menyusutnya usia pekerja dan penuaan penduduk, yang telah mendorong panggilan dari Dana Moneter Internasional untuk menerima pekerja asing untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan negara harus menempatkan perempuan Jepang dan orang tua terlebih dahulu untuk bekerja terlebih dahulu sebelum menerima imigran.

Pada bulan Desember, pemerintah memperluas ruang lingkup sistem untuk menerima pekerja trainee dari negara-negara berkembang, sementara juga menciptakan status visa baru bagi perawat dan pembantu rumah tangga.

Sumber: dunia.rmol.co

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2216 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.