Umi no Hi: Bentuk Ungkapan Terima Kasih Jepang Terhadap Laut




Perayaan Umi no Hi di Jepang

Umi no hi atau Hari Laut merupakan salah satu hari libur yang ada di Jepang. Perayaan Hari Laut merupakan bentuk ungkapan terima kasih yang diberikan dari hasil laut mereka, dan betapa pentingnya laut bagi Jepang sebagai negara kepulauan.

Perayaan Hari Laut dilaksanakan setiap hari Senin minggu ketiga di bulan Juli. Pada tahun 2016, Jepang merayakan Hari Laut pada tanggal 18 Juli. Pada awalnya perayaan ini disebut dengan Hari Peringatan Laut. Hingga tahun 1996 Pemerintah Jepang merubah namanya menjadi Hari Laut.

Baca Juga
Tanabata: Festival Bintang Tahunan Saat Musim Panas di Jepang
Hinamatsuri: Perayaan Tahunan Bagi Anak Perempuan di Jepang
Tradisi Pengibaran Bendera Ikan Koi di Kodomo no Hi
Neko no Hi: Perayaan Tahunan yang Selalu Dinanti Para Pecinta Kucing

Perayaan ini dimulai pada tahun 1941 sebagai peringatan kembalinya Kaisar Meiji ke Pelabuhan Yokohama pada tahun 1876. Perayaan Hari Laut awalnya dirayakan setiap tanggal 20 Juli. Namun, pada tahun 2003, berdasarkan Happy Monday System, Pemerintah Jepang mengganti tanggal perayaan menjadi hari Senin ketiga di bulan Juli.

Hari Laut sendiri menjadi hari libur di musim panas. Pada zaman modern seperti sekarang ini biasa tidak ada perayaan tradisional khusus untuk menyambut Hari Laut. Aktivitas yang dilakukan pada Hari Laut biasanya akan berhubungan dengan musim panas atau laut, seperti pergi ke pantai, berenang, memakan makanan musim panas, hingga berkunjung ke aquarium.

umi no hi 2

Selain itu biasanya di malam hari disepanjang tepian pantai akan dihiasi oleh cahaya lentera. Cahaya lentera-lentera tersebut akan memberikan pemandangan yang indah di malam hari. Dan biasanya perayaan Umi no hi akan ditutup dengan peluncuran kembang api.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.