Turis Asing Akan Bisa Berbelanja di Jepang Hanya Dengan Sidik Jari




Pemerintah Jepang kembali melakukan inovasi untuk membuat nyaman dan mempermudah para turis asing yang mengunjungi negaranya.

Dilansir dari Telegraph, akan diberlakukan kebijakan baru untuk turis asing dalam melakukan transaksi di Jepang diamana mereka bisa menggunakan sidik jari, tanpa harus menukarkan mata uang negara mereka menjadi mata uang yen.

Untuk menggunakan fasilitas ini, wisatawan mancanegara diharukan untuk mendaftarkan identitas dirinya secara terperinci termasuk sidik jari dan informasi kartu kredit di bandara atau tempat umum lainnya. Hal ini diyakini akan mempermudah mereka untuk berbelanja dan melakukan check in di hotel.

Sistem transaksi dengan sidik jari akan mulai diujicobakan pada musim panas tahun ini. Pada tahap uji coba pertama tersebut yang akan disasar adalah 300 toko souvenir, restoran, hotel dan perusahaan lain yang sering dikunjungi oleh wisatawan asing termasuk kawasan hot spring resort pegunungan Hakone dan kota pantai Kamakura.

Pemerintah Jepang mengharapkan dengan kebijakan ini mereka bisa menganalisa kebiasaan belanja dan kebiasaan mereka selama di Jepang. Nantinya akan ada data anonim untuk dikelola oleh sebuah lembaga konsultan di bawah koordinasi pemerintah.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.