Tuna Bluefin Terjual Seharga 8 Milyar Rupiah di Pelelangan Tahunan Pasar Tsukiji




Kiyoshi Kimura

Salah satu tradisi awal tahun yang paling ditunggu di Jepang adalah acara pelelengan ikan tahunan di pasar Tsukiji. Acara ini menarik minat tidak hanya warga lokal, namun juga para turis mancanegara.

Untuk acara tahun ini, seekor ikan tuna bluefin Pasifik dilelang dengan harga yang sangat fantastis. Tuna seberat 212 kg itu terjual dengan harga 74,2 juta yen atau setara Rp 8,5 miliar.

Pemenang lelang tahun ini pun sama dengan tahun kemarin yakni Kiyoshi Kimura. Presiden dari Kiyomura Corp sekaligus bos restoran sushi Sushzanmai sudah memenangkan lelang sebanyak enam kali secara beruntun.

Tahun lalu, Kimura berani membayar 14 juta yen atau setara 1,6 miliar rupiah untuk seekor ikan tuna jenis yang sama dengan bobot 200 kilogram.

Acara pelelangan ikan ini sendiri meski sudah menjadi tradisi namun terus mendapatkan kritikan dari para pakar dan aktivitas lingkungan.

Mereka menyuarakan jika perburuan ikan tuna bluefin di Jepang sekarang ini terlalu berlebihan mengingat populasi spesiesnya yang terus menurun.

Berdasarkan pengkajian ilmiah pada Juli tahun lalu, populasi tuna ini menurun menjadi hanya 2,6 persen dari perkiraan awal.

Sumber: detik, reuters

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2217 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.