Tradisi Orang Jepang Dalam Mengisi Liburan Tahun Baru




Orang Jepang memiliki banyak tradisi yang unik dalam merayakan tahun baru

Orang Indonesia biasanya merayakan tahun baru dengan menyalakan kembang api. Banyak juga yang kumpul bersama keluarga atau teman untuk bakar-bakar makanan seperti ayam, ikan ataupun jagung. Jepang memiliki tradisi sendiri untuk merayakan tahun baru.

Sama seperti libur Natal di Eropa, sekolah dan banyak perusahaan yang di Jepang akan libur agar orang-orang bisa berkumpul bersama keluarganya untuk merayakan libur tahun baru bersama.

Berikut ini adalah hal-hal yang biasa dilakukan oleh orang-orang Jepang ketika tahun baru :

1. Osechi

Osechi merupakan makanan populer ketika tahun baru yang berisi berbagai macam makanan yang disusun di dalam box agar tampak indah.

2. Hanetsuki

Hanetsuki merupakan permainan tradisional untuk libur tahun baru di Jepang. Permainan ini mirip dengan badminton, hanya saja shuttle cock dan raketnya berbeda dengan badminton yang biasa kita mainkan.

3. Layang-layang

Anak-anak di Jepang sangat senang untuk berlari sambil menerbangkan layang-layang dengan berbagai macam bentuk dan warna,

4. Karuta dan Hanafuda

Orang Jepang juga memiliki permainan kartu yang biasa dimainkan ketika libur tahun baru, yaitu Karuta dan Hanafuda.

Karuta adalah sebuah permainan kartu tradisional di Jepang  dan di dalam kartu tersebut terdapat sebuah petunjuk dan jawaban (misalnya gambar) pada masing-masing kartu.  Permainan ini sendiri berasal dari kata “Carta” yang merupakan bahasa Portugis dari selembar kartu.

Pada jaman dahulu karuta merupakan sebutan untuk  permainan kartu remi, namun seiring dengan berjalannya waktu, kini permainan ini dikenal sebagai hanafuda yang merupakan permainan  memakai satu set kartu yang terdiri dari yomifuda (kartu untuk dibaca) dan torifuda (kartu untuk diambil).

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About Faiz Fachnaz Saputra 67 Articles
Gamer | IGN: Riyuunyan | Japanese Football Enthusiast | Gamba Osaka | Pokemon Master | GIANT KILLING |