Tokyo Wide Pass: Menguak Trik One-Day Trip dari Tokyo




Mayoritas pelancong ke Jepang pastinya sudah tahu akan keberadaan JR Pass untuk menjelajahi berbagai kota di Jepang. Tapi, bagaimana jika anda hanya ingin melakukan day-trip ke kota-kota terdekat dari Tokyo? Jika memang anda punya preferensi tersebut, maka terdapat pilihan alternatif yang jauh lebih murah dibandingkan dengan JR Pass, yakni Tokyo Wide Pass.

Terdapat dua perbedaan mendasar dari JR Pass dan Tokyo Wide Pass; yakni durasi, harga dan tempat pembelian. Untuk durasi, JR Pass memiliki berbagai pilihan, mulai dari 7, 14, dan 21 hari. Sementara itu Tokyo Wide Pass hanya tersedia untuk 3 hari. Dari segi harga, untuk mendapatkan JR Pass dengan durasi 7 hari, maka anda perlu merogoh kocek sekitar 3,6 juta rupiah untuk sekarang. Sementara itu untuk Tokyo Wide Pass hanya perlu menyiapkan budget sekitar 1,3 juta rupiah.

Berbeda dengan Shinkansen, Tokyo Wide Pass hanya bisa dibeli di Jepang

Perbedaan paling mencolok terakhir adalah tempat pembelian. JR Pass hanya dapat di beli dari luar negeri, sementara itu Tokyo Wide Pass hanya dapat di beli ketika anda sudah berada di Jepang. JR Pass hanya berlaku untuk turis asing yang tengah berlancong ke Jepang, sedangkan Tokyo Wide Pass berlaku untuk semua warga negara asing, baik yang sedang berlibur di Jepang atau yang sedang sekolah dan bekerja di Jepang.

Anda dapat membeli Tokyo Wide Pass di sejumlah kantor resmi JR East Travel Service Center atau JR Ticket Office yang terletak di stasiun berikut: Bandara Narita (semua terminal), Bandara Haneda, Tokyo, Shinagawa, Ueno, Shinjuku, Shibuya, Ikebukuro, Yokohama, dan Mito (Ibaraki). Pada saat pembelian anda hanya perlu menyatakan bahwa ingin membeli Tokyo Wide Pass serta menunjukkan passport yang menunjukkan bahwa anda adalah warga negara asing.

Keindahan bunga Sakura menjadi daya tarik utama turis asing mengunjungi Jepang saat musim semi

Ketika Anda membelinya pun akan ditanyakan kapan akan mulai menggunakannya, pastikan sudah mementukan tanggal yang tepat karena waktu mulai penggunaannya tak dapat diubah. Pastikan juga telah menyusun jadwal perjalanan selama tiga hari berturut-turut secara seksama sehingga Tokyo Wide Pass dapat digunakan secara maksimal dalam waktu yang singkat tersebut.

Dengan harga yang jauh lebih murah dari JR Pass, sebenarnya apa saja yang bisa kita dapatkan jika membeli Tokyo Wide Pass? Mari kita bahas.

Tokyo memang menjadi destinasi utama bagi siapapun turis yang mendaratkan kakinya di Negeri Sakura. Meski demikian, terdapat sejumlah destinasi wisata lainnya dipinggiran ibukota Jepang tersebut yang akan sangat sayang untuk dilewatkan.

Banyak tempat menarik di wilayah Kanto yang dapat dikunjungi dengan menggunakan Tokyo Wide Pass. Mulai dari Nikko, Izu Peninsula, Karuizawa, Kawaguchiko, dan hingga Gala Yuzawa (hanya pada musim dingin dan semi). Tiket ini pun dapat digunakan untuk perjalanan dari bandara Narita ke pusat kota Tokyo dengan mengunakan Narita Express.

Tokyo Wide Pass dapat digunakan juga untuk memesan kursi secara gratis untuk sejumlah kereta, misal Shinkansen dari Tokyo ke Karuizawa. Anda hanya perlu datang ke tempat pembelian tiket JR yang terletak di depan stasiun. Pemesanan kursi menjadi penting pada saat peak season liburan karena anda bisa saja tidak kebagian kursi ketika di kereta yang membuat anda harus berdiri selama berjam-jam. Namun jika anda yakin bahwa keretanya tidak akan ramai, anda hanya perlu masuk ke gerbong dengan tulisan non-reserved seat.

Danau Kawaguchi yang terletak di kaki Gunung Fuji,

Tokyo Wide Pass dapat digunakan di seluruh jalur JR East. Namun, perlu dicatat bahwa Tokyo Wide Pass tidak dapat digunakan untuk kereta Tokaido Shinkansen yang beroperasi antara Tokyo dan Osaka. Akan tetapi, Tokyo Wide Pass tetap punya satu keunggulan dibandingkan dengan JR Pass reguler karena tiket ini melingkupi sejumlah jalur kereta non-JR, misalnya Fujikyu Railway, Izu Kyuko Line, Tokyo Monorail, Joshin Densetsu Line, Saitama New Urban Transit Line, Tokyo Waterfront Area Rapid Transit (Rinkai) Line, Kereta Limited Express yang beroperasi antara JR East dan Tobu Lines (Nikko, SPACIA, Nikko, Kinugawa, dan SPACIA Kinugawa), serta kereta cepat dan lokal antara Shimoimachi dan Tobu-Nikko/Kinugawa-onsen.

Contoh paling mudahnya adalah ketika anda hendak melakukan perjalanan ke Danau Kawaguchi untuk melihat pemandangan Gunung Fuji. Jika anda menggunakan JR Pass, maka anda dapat menggunakan tiket hanya sampai di Stasiun Otsuki. Dari Otsuki ke Stasiun Kawaguchi-ko anda perlu membeli tiket Fujikyu Railway sebesar 1,140 Yen untuk satu kali perjalanan. Sementara itu jika anda memegang Tokyo Wide Pass, perjalanan anda sepenuhnya sudah ditutupi oleh tiket yang anda miliki.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



Chaula Rininta 9 Articles
C.R.A Food and Travel Hunter 武藤十夢推し @ayaelectro 📷: Samsung A5 2016 + Fujifilm XA3 Jakarta, Indonesia - Singapore ayaelectro.wordpress.com