Tokyo Tower Masih Menjadi Simbol Utama Kota Tokyo




Bangunan Tokyo Tower terinspirasi dari Menara Eiffel di Paris

Sejak Tokyo SkyTree selesai dibangun tahun 2012, bangunan struktur tertinggi nomor dua di dunia ini memang menjadi salah satu pusat wisata yang paling banyak dikunjungi di Tokyo baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Saudara tuanya, Tokyo Tower pun harus rela berbagi kepopularitasan. Namun, harus diakui menara ini masih menjadi simbol utama sang ibukota karena bangunan ini adalah salah satu saksi sejarah bagaimana Jepang mencoba bangkit dari keterpurukan akibat kekalahan mereka di Perang Dunia II.

Baca Juga
Bertemu Gundam Raksasa di Odaiba
Menghitung Biaya Harian Wisata ke Tokyo
Menghabiskan Sore di Asakusa yang Menyajikan Sisi Tradisional Tokyo
Tokyo SkyTree: Menara Tertinggi di Jepang yang Menjadi Wajah Baru Negeri Sakura

Sejak didirikan tahun 1958, Nippon Denpatō memegang peranan penting dan menjadi saksi sejarah untuk dunia broadcasting televisi dan radio di Jepang. Tokyo Tower juga menjadi anggota World Federation of Great Towers. 

Iluminasi Diamond Veil
Iluminasi Diamond Veil

Menara ini juga dikenal karena iluminasi yang indah dalam gelap. Ada dua jenis iluminasi pada menara ini yakni Landmark Light dan Diamond Veil.Dibangunnya gedung-gedung tinggi disekitar menara memang sedikit menghilangkan keindahannya, Tokyo Tower tidak lagi bisa dinikmati dari segala penjuru kota, berbeda dengan saudara mudanya Tokyo SkyTree yang lebih tinggi dua kali lipat sehingga lebih mudah untuk dilihat dari kejauhan.

Pemandangan kota Tokyo dari ketinggian 150 meter Tokyo Tower

“Landmark Light” telah diterapkan sejak tahun 1989 dan dapat dilihat sejak matahari terbenam hingga tengah malam. Warna dari lampunya disesuaikan tergantung dari musim yang sedang berlangsung. Lampu putih dingin digunakan selama musim panas, dan warna-warna hangat digunakan selama musim semi, musim gugur dan musim dingin.

Banyak merchendise Tokyo Tower yang ditawarkan kepada para pengunjung di dalam menara

Bagian bawah merupakan daerah rekreasi lima jalan bertingkat dengan nama Foot Town. Di lantai pertama adalah Tokyo Tower Aquarium. Toko-toko suvenir dan beberapa rumah makan ada dilantai dua.”Diamond Veil” baru diperkenalkan pada tahun 2008. 17 tingkat yang ada di Tokyo Tower akan memancarkan warna cahaya yang berbeda selama dua jam dari jam 20.00 sampai jam 22.00 JST dan untuk variasi warna yang digunakan tergantung dari acara yang sedang berlangsung.

Kuil yang terdapat di Tokyo Tower

Lantai ketiga terdiri dari kafe, sebuah museum kecil. Selain itu juga terdapat kuil untuk berdoa. Meski ini tempat hiburan, orang Jepang sepertinya tidak lupa dengan tradisi mereka. Sedangkan dilantai empat adalah ruang untuk mengadakan berbagai macam acara, lantai teratas adalah rooftop dimana ada sebuah taman hiburan kecil yang didirikan untuk anak-anak dan keluarga menghabiskan family time.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.