Tokyo, Osaka dan Eskalator




Tokyo yang mewakili Kanto, dan Osaka mewakili Kansai memang punya banyak perbedan, salah satunya adalah eskalator

Selfie di eskalator sempat sangat hits di kalangan anak muda Indonesia, dan jika sampai sekarang masih ada dari kalian yang suka melakukan hal ini, berhati-hatilah ketika berkunjung ke Jepang.

Eskalator di Jepang bukan tempat untuk mengobrol, mengambil foto ataupun bergandengan tangan untuk sepasang kekasih. Untuk eskalator di Tokyo, kita harus berdiri di sisi sebelah kiri dan mengosongkan bagian kanan untuk orang yang akan mendahului kita jika ingin lewat dan terburu-buru.

Baca Juga
Kanto Vs Kansai: “Jangan Samakan Kami!”
Tanda-Tanda Larangan di Jepang yang Wajib Diketahui
Larangan Menggunakan Handphone di Jepang
Cara Jepang Dalam Mengurangi Perokok di Negaranya

Sedangkan di Osaka, kebalikannya. Sisi sebelah kiri digunakan untuk orang yang ingin berjalan cepat ataupun terburu-buru mengejar waktu. Kenapa bisa berbeda? Hal ini pun menarik perhatian kami, dan sempat menanyakannya kepada teman-teman yang berada di Tokyo dan Osaka, dan hasilnya tidak ada jawaban pasti. Kami mendapatkan jawaban yang berbeda-beda dari mereka.

Jika mengambil alasan dari sejarah, saat jaman Tokugawa, Tokyo yang kala itu bernama Edo adalah kota Samurai, yang lebih suka berada di sebelah kiri sehingga mereka bisa menarik pedang dengan mudah. Sementara Osaka adalah kota dari pada pedagang kaya, yang lebih suka berada di sisi kanan sehingga mereka bisa melindungi uang dan barang berharga mereka.

Alasan lain yang dikemukakan adalah Osaka mengadopsi “American style” sedangkan Tokyo mengadopsi “British style.” Alasan yang cukup aneh mengingat Tokyo terlihat lebih Amerika daripada Osaka. Semua hal berbau Negeri Paman Sam sangat populer disana.

Untuk yang terakhir terkait rivalitas, seperti kita ketahui bersama, Kansai dan Kanto sangat bertolak belakang dan sebisa mungkin ingin berbeda satu sama lain. Orang Osaka ingin berbeda dengan orang Tokyo! Jadi, perlu diingat baik-baik perbedaan ini mengingat dua kota tersebut adalah pintu utama orang-orang Indonesia masuk Jepang untuk berlibur.

 

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.