Tokyo Ditasbihkan Sebagai Kota Paling Layak Untuk Dihuni




Meski biaya hidup di Tokyo tinggi tapi ibukota Jepang ini dinilai paling layak untuk ditinggali

Untuk kedua kali secara berturut-turut Tokyo terpilih sebagai perangkat pertama dalam daftar kota yang paling layak dihuni. Daftar tersebut dikeluarkan oleh sebuah majalah asal Inggris, Monocle yang melakukan survey kepada para pembacanya.

Ibukota Jepang tersebut dinilai memiliki keseimbangan efisiensi kecanggihan tekhnoogi dan tetap mampu menjaga lingkungannya dengan nilai-nilai tradisional.

Baca Juga
Spot-spot Paling Asik untuk Kongkow di Tokyo
Suasana Kekeluargaan dalam Berbuka Puasa di Tokyo Camii
Tokyo, Kota Termahal dan Teraman di Dunia
Kuil Meiji, Simbol Keabadian Kaisar Meiji di Tengah Jantung Kota Tokyo

Tahun ini survei difokuskan tidak hanya pada bagaimana kota berfungsi pada siang hari tetapi juga dievaluasi kehidupan malam. Tokyo memiliki banyak restoran yang masih mampu melayani makanan dengan kualitas yang sangat baik setelah pukul 10 malam, serta transportasi yang masih tersedia hingga larut malam.”

Penilaian tahun ini juga mempertimbangkan faktor-faktor seperti letak bandara internasional yang strategis, restoran dan toko-toko yang tetap beroperasi sepanjang malam, opsi penginapan murah termasuk hotel kapsul, dan sistem transportasi umum yang mapan.

Jadwal transportasi yang hampir selalu tepat waktu jadi salah satu keunggulan Tokyo

“Ketika kota-kota lain masih membicarakan tentang pelayanan 24/7, Tokyo sudah mampu menyediakannya,” ujar editor-in-chief Monocle, Tyler Brule.

Majalah Monocle menambahkan jika poin seperti transportasi yang tepat waktu, kenyamanan dan keamanan, Tokyo masih menjadi kota terbaik. Masalah tepat waktu memang sangat diutamakan dalam hal transportasi, bukan hanya di Tokyo, tetapi diseluruh wilayah Jepang karena ini menjadi faktor penting dalam menunjang sistem kelangsungan dunia kerja di Negeri Sakura.

Selain Tokyo, ada dua kota di Jepang masuk dalam daftar 10 besar. Fukuoka menduduki peringkat ketujuh untuk inisiatif kota yang bertujuan untuk menjadi “lebih hijau, ramah sepeda dan bisnis yang cerdas,” sedangkan Kyoto berada peringkat kesembilan untuk menjamurnya tempat-tempat wisata dan daerah hijau, serta infrastruktur yang terus meningkat setiap tahunnya.

Kehidupan malam di Tokyo tak kalah meriah dengan di siang hari

Sebelumnya, Tokyo juga terpilih sebagai kota paling aman untuk ditinggali, meski disaat bersamaan juga terpilih sebagai kota yang membutuhkan biaya paling mahal untuk kelangsungan hidup.

Biaya hidup yang tinggi kadang membuat para penduduknya ‘gila kerja’ untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Tak jarang juga yang harus tinggal di warnet karena mahalnya sewa tempat tinggal.

Meski demikian, bagi yang sudah mengunjungi atau tinggal beberapa saat di Tokyo, kota ini memang memberikan fasilitas nomor satu untuk para penduduknya. Selamat, Tokyo!

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.