Tokyo Berlakukan Perda Larangan Merokok Dekat Anak-anak




Tokyo semakin memperketat larangan merokok di tempat umum

Sempat dikenal sebagai ‘surga’ untuk para perokok, perlahan Jepang mulai mampu menekan jumlah perokok di negaranya. Beberapa waktu silam, rokok sempat menjadi kultur yang popular dengan mendominasi di berbagai lagu dan drama televisi. Namun, lambat laun budaya merokok mulai menurun.

Akan digelarnya ajang akbar Olimpiade 2020 di Tokyo memang membuat ibukota Jepang tersebut berbenah, tak terkecuali masalah perokok. Sekarang ini semakin banyak tempat-tempat di Tokyo yang memberlakukan larangan merokok di tempat umum.

Mulai hari ini Minggu (1/4)  Pemerintah Daerah Tokyo akhirnya memberlakukan peraturan daerah yang melarang semua orang merokok di lokasi yang terdapat anak-anak (usia 18 tahun ke bawah) baik di sekolah, fasilitas umum seperti rumah sakit dan sebagainya meski belum ditetapkan denda bagi yang melanggar.

Perda ini telah disetujui oleh Parlemen sejak Oktober tahun lalu dan selama masa sosialisasi sekitar setengah tahun ini berbagai poster telah ditempel di banyak tempat umum.

“Kemungkinan akhir tahun ini akan diterapkan tambahan perda yang mendenda setiap orang merokok di lokasi berbagai fasilitas yang terdapat anak-anak,” seperti yang kami kutip dari harian tribunnews.

Larangan merokok ini bukan hanya bagi rokok biasa tetapi juga termasuk rokok buatan seperti “heated cigarettes” juga turut dilarang digunakan di dekat lokasi yang ada anak-anak. Selain itu di dalam mobil yang membawa anak-anak juga dilarang untuk merokok.

 

 

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 1806 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.