Tips Untuk Melakukan Hitchhike atau Menumpang Kendaraan di Jepang




Hitchhike bukan hal mustahil di Jepang dan sangat membantu untuk budget traveller

Siapa yang tidak mengenal Jepang sebagai negara dengan jaringan transportasi yang lengkap dan canggih. Mau menikmati pemandangan Jepang di dalam kereta? Ada JR Rail Pass yang akan membawa para turis dengan Shinkansen. Mau merasakan sensasi naik bus malam di Japan? Banyak pula pilihannya. Atau mau naik taksi di Jepang yang tekenal mahal? Bisa juga.

Tapi bagaimana caranya kalau misalkan kalian hanya punya budget pas-pasan dan ingin mengunjungi Jepang?

Ternyata ada lho teknik yang bisa meringankan biaya transportasi kamu di Jepang. Bukan hanya meringankan, namun juga bisa gratis keliling Jepang! Hitchhike namanya. Hitchhike atau hitchhiking dalam bahasa Indonesia berarti menumpang kendaraan atau nebeng. Biasanya kendaraan yang ditumpang adalah mobil.

Belum ada sejarah pasti yang menerangkan tentang darimana budaya hitchhike sebenarnya. Namun pada tahun 70’an, hitchhike umum digunakan di negara barat seperti Amerika dan Eropa. Di Jepang sendiri saya juga belum tau pasti kapan dan siapa yang pertama kali melakukan hitchhike.

Baca Juga
Pengalaman Berkunjung ke Jepang: “Tidak Akan Pernah Puas!”
Couchsurfing: Bertemu Teman Baru Sambil Menekan Pengeluaran
Kosakata yang Harus Diketahui Saat Pertama Kali Ke Jepang
10 Tempat Menarik di Kyoto yang Harus Dikunjungi!

Namun, melakukan hitchhike di Jepang tidak dilarang lho. Asalkan si hitchhiker atau orang yang ingin menumpang tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Pada bulan April 2016 yang lalu saya berkesempatan mengunjungi Jepang selama 12 hari. Kemudian saya menemukan beberapa artikel dan video tutorial mengenai hitchhike di Jepang. Karena hal itulah yang mendasari saya ingin mencoba bagaimana sensasi melakukan hitchike di Jepang.

Penasaran bagaimana caranya melakukan hal tersebut? Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan jika kamu ingin melakukan hitchhike di Jepang.

1. Safety First

Hal pertama yang harus kamu perhatikan jika ingin melakukan hitchhike adalah tentang keselamatan diri. Karena pada saat melakukan hitchhike kita akan bertemu dengan orang-orang baru. Namun jangan khawatir, Jepang terkenal dengan penduduknya yang ramah dan juga dikenal sebagai salah satu negara teraman di dunia untuk turis. Hitchhike ideal jika dilakukan dua orang, karena akan memberikan rasa aman kepada hitchhiker itu sendiri. Disarankan juga untuk melakukan hitchhike pada siang hari dan memilih spot yang tidak terlalu sepi (poin nomor 2).

Melakukan Hitchhike di Kota Matsumoto

2. Memilih spot yang tepat

Pilihlah kota tujuan yang mempunyai jalur yang mudah dari kota asal. Spot terbaik untuk melakukan hitchhike di Jepang adalah di Expressway (高速道路 kōsokudōro), yang bisa diartikan sebagai jalan tol. Jalan tol ini menghubungkan kota-kota besar di Jepang. Setiap Expressway, pasti mempunyai rest-area untuk tempat beristirahat pengemudi.

Di Jepang sendiri tempat ini bernama Service Area (サービスエリア sābisu eria, SA) atau Parking Area (パーキングエリア pākingu eria, PA). Spot di SA dan PA inilah yang kemudian bisa dimanfaatkan para hitchhiker untuk mendapatkan tumpangan ke kota selanjutnya.

Sebagai contoh ketika saya berada di kota Kanazawa dan ingin menuju ke Kyoto, saya segera menuju ke SA atau PA terdekat di Expressway di Kanazawa. Kebetulan jalur dari Kanazawa ke Kyoto hanya dilewati satu Expressway, jadi ini memudahkan saya untuk memilih spot untuk mendapatkan tumpangan.

Yang kalian harus ingat adalah sangat dilarang untuk berjalan di jalur Expressway. Jadi untuk menuju SA atau PA terdekat, kita harus masuk melalui pintu jalan biasa. Setelah sampai di SA atau PA yang kamu tuju, kalian bisa menentukan spot untuk berdiri dan mengacungkan jempol sebagai tanda kita membutuhkan tumpangan. Exit gate adalah spot terbaik untuk melakukan hal tersebut.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.