Tips Menghadiri Handshake AKB48 untuk Pemula




Menghadiri acara handshake akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi para penggemar AKB48 terutama yang berasal dari luar Jepang

Menghadiri acara handshake AKB48 di Jepang untuk pertama kalinya pasti sedikit membingungkan. Selain perasaan grogi dan deg-degan pertama kali bertemu dengan oshimen, tentunya juga ada perasaan bingung tentang apa saja yang harus dilakukan sebelum dan selama acara berlangsung.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk kalian yang baru pertama kali menghadiri acara tersebut. Tulisan ini didasarkan pada pengalaman pribadi ketika menghadiri acara handshake AKB48.

  1. Memilih Jadwal Sesi Secara Tepat

Untuk para pemula terkadang pastinya ingin mencoba handshake dengan sejumlah member, tak hanya terbatas dengan oshimen. Sekadar 1 atau 2 tiket untuk melihat secara dekat member tersebut pun dirasa cukup. Namun jangan sampai rasa penasaran anda tak dapat tersampaikan karena pemilihan alokasi waktu yang salah.

Jangan menaruh member yang sangat terkenal pada satu sesi yang sama karena walaupun 1 atau 2 tiket, waktu tunggu antriannya akan tetap lama. Jika memang ingin handshake dengan member terkenal disarankan memilih sesi-sesi awal di pagi hari karena relatif lebih sepi. Member sekelas Yamoto Sayaka antrian handshakenya bisa memakan waktu hampir satu jam atau lebih.

Sebelum mengantri ke member terkenal dengan antrian panjang, disarankan untuk mengantri ke member lain terlebih dahulu yang antriannya relatif tidak panjang. Dengan begitu anda tidak akan membuang tiket anda karena kehabisan waktu. Perlu diingat bahwa antrian jalur handshake biasanya akan ditutup 30-15 menit sebelum waktu sesinya habis.

  1. Perhatikan Gimmick Setiap Sesi

Belakangan ini acara handshake AKB48 tak hanya sekadar acara berjabat tangan saja. Untuk sebagian besar single terbaru biasanya mereka menawarkan gimmick berbeda untuk masing-masing sesinya demi meningkatkan penjualan, misalnya 2-shot, rekam video atau suara, dan tanda tangan. Single yang biasanya tak menawarkan gimmick seperti ini hanyalah single voting sousenkyo karena penjualan akan tetap tinggi.

Walaupun begitu, bukan berarti anda akan dengan mudah mendapatkan gimmick tersebut. Terdapat undian yang dilakukan ketika pengecekan kartu identitas di depan jalur handshake masing-masing member. Oleh karena itu, jika anda benar-benar ingin mendapatkan gimmick di salah satu sesi, maka akan lebih baik jika membeli tiket lebih banyak pada sesi tersebut. Dengan demikian, kesempatan anda dalam undian akan lebih besar. Meskipun memang tak menjamin bahwa anda pasti akan mendapatkannya.

Gimmick ini pun menjadi populer diantara para fans Internasional yang bahasa Jepangnya masih terbatas karena menjadi instrumen yang tepat untuk mengatasi keterbatasan bahasa.

  1. Pelajari Bahasa Jepang Dasar dan Catat Percakapanmu!

Anda tidak dapat mengandalkan bahasa inggris ketika handshake karena mayoritas anggota dari AKB48 tak bisa berbahasa inggris. Dengan demikian, anda pun dipaksa untuk mempelajari bahasa Jepang. Jika bahasa Jepang terlihat sangat sulit bagi anda, setidaknya pelajarilah sedikit bahasa Jepang dasar.

Tentu saja hal pertama yang biasanya dikatakan oleh fans Internasional adalah asal mereka, misalkan “Jakarta kara kimashita”. Niscaya sang idola pun akan memberikan reaksi yang cukup heboh dan takjub karena anda datang jauh-jauh dari negara lain demi mereka. Jika ada hal lain yang ingin anda bicarakan, carilah dahulu bahasa Jepangnya dan persiapkan percakapannya sebelum benar-benar memasuki jalurnya. Walaupun memang kerap kali anda akan lupa seketika saat sudah berhadapan langsung dengan sang idola karena terlalu kagum.

Terakhir, jangan lupa catat percakapanmu setelah handshake karena dapat menjadi memori yang indah untuk dikenang. Selain itu berguna agar anda tak mengulang percakapan yang sama.

  1. Pelajari Sistem Oshimashi

Saat ini sudah ada sistem baru yang bernama oshimashi dimana anda bisa mengalihkan tiket handshake dengan member tertentu ke member lainnya. Namun, anda hanya bisa mengalihkan tiket ke member yang pada hari itu belum sold out. Biasanya akan dipasang tanda bintang di depan jalur handshake member terkait. Anda pun baru bisa mengalihkan tiket tersebut 30 menit setelah sesi berjalan.

Anda tak terbatas bisa mengalihkan tiket member yang kebetulan tak dapat hadir hari itu, bahkan juga member yang hari itu sebenarnya hadir. Berikut adalah beberapa contoh yang memudahkan anda untuk memahaminya. Pertama, Matsui Jurina hari itu tidak hadir karena sakit, maka anda bisa saja mengalihkan tiket ke Tano Yuka yang kebetulan pada hari itu hadir dan tidak sold out. Kedua, Watanabe Mayu hari itu hadir, namun anda belakangan sedang penasaran dengan member AKB48 generasi ke 16, maka anda bisa saja mengalihkan tiketnya ke member tersebut jika belum sold out.

Sistem pengalihan tiketnya pun tidak harus kepada member pada sesi yang sama. Misalkan anda punya tiket Watanabe Mayu sesi pertama, namun anda ingin mengalihkan tiket ke Muto Orin pada sesi kedua yang belum sold out, hal itu bisa saja dilakukan.

  1. Mengobrol dengan Sesama Fans

Terkadang anda sudah memfollow beberapa fans Internasional lainnya atau fans Jepang di twitter. Ketika berada di lokasi handshake, sempatkanlah untuk mengobrol dengan mereka karena dengan menambah teman selama di lokasi, waktu menunggu pun akan berlalu dengan cepat.

Tentu saja akan sangat menyenangkan ketika anda bisa mengobrol dengan fans lainnya yang sama-sama mendukung member yang anda suka. Jangan takut untuk mengobrol dengan fans Jepang karena mereka akan sangat memahami keterbatasan bahasa Jepang anda.

Menurut pengalaman saya pribadi ketika berinteraksi dengan fans Jepang, mereka akan menyambut dengan sangat hangat karena senang bahwa di negara lain juga terdapat pendukung dari member yang mereka suka. Beberapa fans kerap memberikan sejumlah merchandise dari member yang saya suka secara percuma. Bahkan panitia ulang tahun member tersebut pun memberikan barang-barang khusus untuk show ulang tahun yang seharusnya terbatas untuk para panitia dan fans yang memenangkan tiket teaternya.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



Chaula Rininta 7 Articles
C.R.A Food and Travel Hunter 武藤十夢推し @ayaelectro 📷: Samsung A5 2016 + Fujifilm XA3 Jakarta, Indonesia - Singapore ayaelectro.wordpress.com